15 June 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Calon pendaftar yuk mulai siapkan diri. Pendaftaran jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mulai dibuka 24 Juni 2022. Oh, ya, tahun ini, UNESA membuka beberapa kelompok seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) atau mandiri untuk program sarjana dan sarjana terapan 2022.
Kepala Satuan Admisi UNESA Dr. Sukarmin, M.Pd., mengatakan bahwa tahun ini UNESA membuka empat jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru 2022. Kelompok seleksi tersebut sebagai berikut;
1. Kelompok Non-Tes
Kelompok jalur non-tes terdiri dari jalur UTBK nasional. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang telah memiliki nilai UTBK 2022. Dengan kata lain, jalur ini hanya menggunakan nilai UTBK dan tidak ada tes atau ujian lagi. Peserta boleh memilih dua prodi baik Saintek maupun Soshum.
2. Kelompok Prestasi
Berbeda dengan kelompok non-tes di atas, jalur ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki prestasi di sejumlah bidang. Peserta akan mengikuti seleksi tertulis (online), wawancara dan portofolio.
Jalur prestasi ini terdiri dari; 1) prestasi keagamaan (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu). Prestasi keagamaan Islam ada jalur pesantren, tahfidz dan ada jalur MTQ. 2) prestasi olahraga, 3) prestasi seni, dan 4) prestasi kepemimpinan. Bagi peserta yang pernah berprestasi di bidang-bidang tersebut, bisa nih memanfaatkan jalur yang satu ini.
3. TMUBK Sarjana dan Sarjana Terapan
Bagi pendaftar program sarjana maupun sarjana terapan, juga bisa menggunakan jalur tes masuk UNESA berbasis komputer (TMUBK). Jenis tesnya tertulis berbasis komputer. “Pada jalur ini, peserta bisa memilih dua prodi, baik kelompok Saintek maupun Soshum. Peserta sebaiknya siapkan diri jauh-jauh hari, belajar dan latihan menjawab soal-soal tes masuk perguruan tinggi,” beber Sukarmin.
4. Jalur Disabilitas
Tak ketinggalan, UNESA juga membuka jalur khusus untuk peserta disabilitas. Seleksi jalur ini terdiri dari tes tulis dan wawancara. Peserta bisa memilih dua prodi baik Saintek maupun Soshum.
“Ini komitmen kami di UNESA untuk peserta disabilitas agar bisa mengembangkan diri di pendidikan tinggi. UNESA punya prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB) dan Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) yang didukung dengan fasilitas dan lingkungan kampus yang ramah disabilitas. Peserta juga bisa memilih prodi-prodi lain yang sesuai dengan kebutuhan peserta,” terang Sukarmin.
Jadwal Pendaftaran
Adapun jadwal pendaftaran tiap kelompok jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu;Kelompok Non-Tes UTBK. Pendaftaran dibuka pada 24-30 Juni 2022. Hasil verifikasi data yang diunggah akan diumumkan pada 3 Juli 2022.Kelompok Prestasi. Pendaftaran dibuka pada 29 Juni hingga 5 Juli 2022. Seleksinya akan dilaksanakan pada 7 Juli 2022 dan 11 Juli 2022. Hasilnya diumumkan pada 13 Juli 2022.Kelompok TMUBK Sarjana dan Sarjana Terapan. Pendaftaran dibuka pada 4-13 Juli 2022. Seleksinya diselenggarakan pada 16-19 Juli 2022. Hasilnya diumumkan pada 23 Juli 2022.Jalur Disabilitas. Pendaftaran dibuka mulai 4-13 Juli 2022. Untuk seleksinya diselenggarakan pada 16-19 Juli 2022. Hasilnya diumumkan pada 23 Juli 2022. Mengenai informasi lebih lanjut terkait pendaftaran, peserta bisa mengunjungi lamanhttp://sipenmaru.unesa.ac.id atauhttps://admisi.unesa.ac.id/. [HUMAS UNESA]