15 March 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA—Guna memperkenalkan cabang olahraga baru kepada siswanya, SMA Cita Hati mengadakan kunjungan lapangan (field trip) di Gelanggang Olah Raga (GOR), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) pada Selasa, 14 Maret 2023.
Rombongan sekolah tersebut terdiri dari 203 siswa kelas 7 dan 8 yang didampingi oleh sembilan guru. Mereka menjajal tiga cabor, yaitu handball, pickleball dan floorball. Permainan dilakukan secara bergilir dan dilatih oleh 3 pengajar di setiap cabor.
Salah seorang guru olahraga, Dwi Hargiyani, S.Pd., M.PH., mengatakan bahwa tujuan utama mereka bertandang ke UNESA yaitu memperkenalkan cabor yang tidak ada di sekolah sekaligus dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa.
Dia menambahkan, UNESA merupakan satu-satunya universitas di Surabaya yang memiliki keunggulan dalam bidang olahraga dan didukung dengan fasilitas olahraga yang baik serta tenaga pengajar yang berkompeten. “Selama permainan berlangsung semua siswa sangat excited mencoba semua cabor,” ujarnya.
Ketua Laboratorium Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK), Indra Himawan Susanto, S.Or., M.Kes., mengatakan pihaknya akan terus menggalakkan kegiatan field trip dalam program visiting student ke sekolah-sekolah di wilayah Surabaya. Harapannya supaya para siswa dapat menjajal semua cabor yang ada di FIKK. []
***
Penulis: Fionna Ayu Shabrina
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas UNESA
***
Keterangan:
Gambar 1
Permainan handball dilakukan secara beregu. Teknik dasar yang dilakukan yaitu melempar dan mengoper bola, menangkap bola, menggiring bola, dan menembak bola.
**
Gambar 2
Permainan pickleball dilakukan secara beregu. Teknik dasar yang dilakukan yaitu forehand, backhand, drive, loob, smash, dan servis.
**
Gambar 3
Permainan dilakukan secara beregu. Teknik dasar yang dilakukan yaitu dribbling, passing, dan shooting.