15 March 2023


Unesa.ac.id, JAKARTA–Setelah penantian dan perjuangan selama tiga tahun sebelas bulan, akhirnya cabang olahraga (cabor) Pickleball resmi menjadi bagian dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni). Keputusan ini didasarkan pada Rakernas di Jakarta pada Senin, 13 Maret 2023.
Ada dua cabang olahraga yang diterima sebagai anggota KONI yaitu pickleball dan beladiri campuran atau MMA. “Alhamdulillah, hari ini pickleball sudah resmi menjadi anggota KONI berkat kerja keras kita semua,“ ucap Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Rektor UNESA sekaligus Ketua Umum Pickleball Indonesia.
Cak Hasan mengatakan, perlu adanya langkah-langkah maju yang dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap cabang olahraga tersebut. Dia mengharapkan cabor pickleball dapat dipertandingkan dalam kejuaraan nasional seperti PON dan pertandingan– pertandingan lainnya.
Dr. Susilo, D.Ed atau Cak Sus selaku Sekjen Indonesia Pickleball Federation (IPF) menuturkan bahwa, momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh semua pegiat olahraga pickleball di Indonesia. Menurutnya, setelah peresmian ini, akan ada banyak rencana yang harus segera dieksekusi. Salah satunya adalah exhibition PON. Pelaksanaan PON sendiri akan dilakukan di Aceh Sumatera Utara pada 2024 mendatang.
“Kami juga punya target lainnya, yaitu penambahan 13 pengprov lagi di tahun ini. Saat ini kami masih memiliki 25 pengprov, masih kurang 13,” ujarnya. Guna semakin menancapkan eksistensi pickleball di Indonesia, Cak Sus menargetkan hadirnya pickleball dalam event olahraga baik skala regional, provinsi, nasional maupun tingkat pelajar (O2SN).
Rakernas ini dihadiri Menpora, Prof. Dr. Zainudin Amali, SE, M.Si., jajaran Dinas Pemuda dan Olahraga, ketua dan sekjen Koni dari berbagai provinsi serta ketua dan sekretaris cabor tersebut. Acara ini bertema ‘Sinergitas dan Solidaritas Pemangku Kepentingan Olahraga Mengantar Atlet Meraih Juara.
Pada kesempatan itu, Cak Hasan berkesempatan secara langsung menyerahkan bendera Pataka Indonesia Pickleball Federation (IPF) kepada pihak Koni, sebagai simbol bergabungnya pickleball.
Sebagai tambahan, pickleball merupakan olahraga yang menggabungkan tiga jenis olahraga lapangan seperti tenis meja, bulu tangkis dan tenis lapangan. Cabang olahraga ini sangat populer di kancah internasional, tetapi terbilang masih baru di telinga masyarakat Indonesia. []
Penulis : Hasna
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Prof. Dr. Susilo, D.Ed