21 March 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA—Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengadakan Sosialisasi program Pengembangan Usaha Kampus (PUK) dan Kewirausahaan Berbasis Mahasiswa (KBM) dari PKM DPRTM bertema “Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan untuk Mewujudkan Para Wirausahawan yang Mumpuni” di Auditorium LPPM, Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya, pada Senin, 20 Maret 2023
Sub-Direktorat Hilirisasi Hasil Inovasi Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan, Agung Prijo Budijono, S.T., M.T., menyebutkan bahwa acara ini ditujukan untuk dosen yang nanti programnya melibatkan mahasiswa.
“Karena ketua pengusul dan anggotanya adalah dosen, dosen harus bisa membidangi mahasiswa khususnya bidang Kewirausahaan Berbasis Mahasiswa (KBM) melalui PKMK dan PMW agar dapat menunjang otonomi kampus melalui perolehan pendapatan mandiri atau bermitra serta memberikan kesempatan dan pengalaman kerja kepada mahasiswa,” ucapnya.
Dia juga menjelaskan bahwa acara ini baru diadakan secara spesifik, setelah sebelumnya memanggil pihak luar secara nasional. Program ini butuh penanganan yang lebih spesifik sehingga bisa direspon bagus. “Perlu adanya pembimbing agar dapat memotivasi calon wirausaha,” ujarnya.
Agung menegaskan bahwa menjadi wirausaha bukan sesuatu yang buruk, tapi sesuatu yang tidak kalah bagusnya.
Kriteria PUK
Ada beberapa kriteria PUK yakni dimungkinkan berkolaborasi dengan dunia usaha dan industri atau DUDI sebagai mitra dalam pengembangan usaha kampus, dan anggaran yang dipergunakan minimal 40% dari total anggaran yang diajukan.
Selanjutnya diutamakan usaha yang sudah berjalan dan telah mempunyai struktur organisasi yang jelas di dalam struktur perguruan tinggi serta adanya komitmen perguruan tinggi dalam pendanaan, melibatkan mahasiswa minimal 4 orang mahasiswa, setiap PT dapat mengusulkan lebih dari satu usulan PUK dengan ketentuan maksimal satu usulan per fakultas untuk universitas.
Kewirausahaan Berbasis Mahasiswa (KBM) bertujuan menciptakan metode pelatihan kewirausahaan mahasiswa yang merupakan keberlanjutan bagi mahasiswa yang bergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).
Beberapa sasaran skema dari KBM adalah mahasiswa minimal 20 orang setiap tahun, dengan minat meningkatkan kemampuan wirausaha dan mendirikan unit usaha spesifik sesuai minat dan bidang ilmu dari mahasiswa dan timnya.
Setiap tahun minimal menghasilkan 5 orang mahasiswa yang mampu menjadi wirausaha mandiri (tenant outwall), mahasiswa diinkubasikan oleh tim pengusul (dosen) dengan pengetahuan dan kemampuan untuk pembuatan bisnis plan hingga penerapannya.[]
***
Penulis: Lina Lubaba
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas UNESA