24 May 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA –Direktorat Humas dan Informasi Publik, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) kembali meraih emas (juara 1) dalam Anugerah Jatim PR Award 2023 oleh Beritajatim.com di Whix Luxe Hotel pada 23 Mei 2023. Dalam anugerah tersebut, UNESA menjadi "The Best Higher Education Public Relation".
Direktur Utama Beritajatim, Ainur Rohman mengatakan Jatim PR Award merupakan anugerah yang rutin diselenggarakan sebagai bagian dari HUT kantor berita tersebut. Tahun ini, media yang dia pimpin sudah memasuki HUT yang ke-17.
"Anugerah ini adalah bagian dari komitmen kami untuk terus mendorong sinergi, inovasi dan kualitas publikasi lembaga, khususnya bagian kehumasan. Media dan humas itu perannya saling terpaud dan tidak bisa dipisahkan," ucapnya.
Dia menambahkan, PR Jatim Award ini melibatkan berbagai mitra baik perguruan tinggi, instansi pemerintah daerah, lembaga swasta, organisasi hingga para tokoh.
Penganugerahan ini terdiri dari beberapa kategori, ada penghargaan humas terbaik, medsos dan website pendidikan tingi terbaik, medsos instansi pemerintah terbaik, hingga penghargaan untuk kategori perempuan inspiratif.
Wakil Ketua Umum BPP Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas), Heri Rahmadi menyampaikan bahwa Humas UNESA layak mendapatkan predikat tersebut karena banyak terobosan yang dilakukan untuk memperkuat hubungan universitas dengan media.
Kampus yang dipimpin Cak Hasan itu juga konsisten melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas konten publikasi, baik itu lewat media sosial maupun siaran pers yang dikirim secara berkala ke berbagai media.
Kendati demikian, lanjutnya, UNESA tidak boleh puas diri, sebab sejalan dengan upaya penguatan PTN-BH, UNESA harus terus meningkatkan kinerja kehumasannya. "Tantangan ke depan, UNESA harus bersaing dengan kampus-kampus besar lainnya yang secara kehumasan sudah lebih dulu mapan," ucapnya.
Menurutnya, ada satu hal yang perlu terus digenjot UNESA yaitu terus memperbanyak publikasi yang berkaitan dengan riset dan inovasi civitas akademikanya, terutama dosen dan mahasiswa. Riset inilah yang menjadi ciri khas perguruan tinggi dan itu yang perlu diketahui masyarakat lewat publikasi.
"Semoga UNESA terus naik kelas dan naik kelas lagi. Selamat kepada UNESA atas prestasi yang telah diraih. Ini tentu luar biasa karena mampu mempertahankan posisinya sebagai pemenang kategori PR perguruan tinggi dari tahun sebelumnya," ucapnya.
Direktur Humas dan Informasi Publik, Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., MA., mengatakan bahwa prestasi ini tidak lepas dari dukungan seluruh jajaran pimpinan baik di tingkat universitas, fakultas hingga prodi. Gold tersebut juga hasil kerja keras, kerja sama, dan kerja ikhlas teman-teman di ruang kreatif humas UNESA.
Selain itu juga tidak lepas dari peran penting teman-teman media sebagai mitra yang selama ini terus memberikan ruang pemberitaan. Bagi perempuan yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi itu, prestasi tersebut menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan kinerja kehumasan.
"Satu sisi ada kebanggaan, tetapi di sisi lain masih ada catatan untuk terus kami tingkatkan ke depan. Bagi kami, masalah kualitas, tidak ada batasnya, karena tantangan dan dinamika terus mengalir yang menuntut kami terus berinovasi dan peningkatan nilai kinerja secara berkala," ucapnya. []
**
Penulis: Saputra
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim HUMAS UNESA