24 May 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di kampus mitra, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Kampus B pada Senin, 23 Mei 2022. Tujuannya untuk melihat langsung dan memastikan kelancaran tes sesi akhir untuk gelombang pertama tersebut.
Di sana, Cak Hasan disambut Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng. Keduanya dan ditemani satuan admisi memantau jalannya tes UTBK. Pada kesempatan itu, rektor memastikan sistem prokes peserta mulai dari alur pergerakan peserta agar tidak terjadi kerumunan, pengecekan suhu termasuk metal detector dan ruangan transit peserta sebelum masuk ruang ujian.
“Agar sama-sama aman, peserta maupun panitia termasuk pendamping memang harus prokes. Itu salah satu ketentuan UTBK dan kita terapkan baik yang lokasi di UNESA maupun Unusa. Karena itu peserta tiba di lokasi langsung dicek vaksinasi dan suhu tubuhnya,” ucap Cak Hasan.
Dari hasil pantauan tersebut, UTBK di UNESA dan kampus mitra, Unusa berjalan lancar. “Apapun hasil evaluasi tes gelombang pertama ini, jika ada hal-hal yang tidak diharapkan tentu menjadi catatan dan referensi penting untuk gelombang kedua nanti,” imbuhnya.
Selepas monev, Cak Hasan diajak Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng untuk menjajal fasilitas yang ada di Unusa Kampus B, mulai dari ruang ujian untuk calon dokter, laboratorium virtual reality dan microteaching. Selain itu juga ada light board untuk menunjang pembelajaran daring.
Cak Hasan juga melihat teknologi metaverse yang dikembangkan oleh dosen di sana untuk pembelajaran mahasiswa. “Ini keren, karena sekarang metaverse sedang tren dan memang harus cepat tangkap peluang. Ini bagus untuk dilombakan dan dipatenkan,” apresiasi Cak Hasan.
Sebagai informasi, UTBK berlangsung dalam 2 gelombang. Gelombang I pada 17 Mei – 23 Mei 2022, dan gelombang II diadakan pada tanggal 28 Mei – 3 Juni 2022. Jumlah peserta UTBK gelombang I UNESA berjumlah 22.140 peserta dengan tiga titik lokasi yang berbeda. Yang pertama di kampus UNESA Lidah Wetan, Kampus UNESA Ketintang, dan terakhir berada di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Kampus B (mitra). [Humas UNESA]
Penulis : Millehelena
Editor: @zam*