23 May 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Guna meningkatkan potensi dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha, Satuan Unesa Career Center (UCC) mengadakan pembekalan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dengan tema “Muda Berkarya Bangga Berwirausaha” secara daring pada Sabtu, 21 Mei 2022. Kegiatan tersebut diikuti mahasiswa penerima dana PMW yang terdiri dari 80 kelompok.
Sebagai narasumber hadir Wilujeng Dwi. R, owner Tentang Peristiwa dan Aditya Saputra, Senior Analyst - Business Development (SME) di Shopee. Pada sesi awal, owner Tentang Peristiwa menjelaskan bahwa menjadi seorang pengusaha memang susah-susah gampang. Jika seorang wirausaha yang telah memiliki produk, maka harus bisa membranding produknya dengan tujuan dapat mengendalikan pasar, mudah melakukan strategi dan memiliki pengaruh terhadap konsumen.
“Selain memiliki branding produk, seorang yang berwirausaha harus menentukan value yaitu harus ada faktor pembeda dari produk tersebut, memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Produk harus dapat membantu konsumen menyelesaikan masalah dan mampu menggali customer big dream dan pain point,” paparnya.
Wirausahawan juga harus memiliki distribution channel yang dapat dilakukan secara online, melalui media masa, maupun dilaksanakkan secara offline. Wirausahawan harus memiliki relasi terpercaya dan mampu mengembangkan produk.
Aditya Saputra mengatakan, pada tahun 2022, banyak peluang bisnis online, karena banyak yang menggunakan layanan digital. Lewat media digital produk mudah dijangkau customer apalagi dengan dukungan platform yang memadai sehingga E-commerce menjadi pendorong utama ekonomi di Indonesia.
Dia menambahkan, Ecommerce yang terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan adalah Shopee. “Aplikasi ini diluncurkan pada 2015 dan terbesar di Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Taiwan. Dengan segmentasi yang luar, sangat efektif jualan di Shopee ditambah berbagai promo dan strategi lainnya,” paparnya. [Humas UNESA]
Penulis: Nadia Nafifin
Editor: @zam*