23 February 2024


Unesa.ac.id SURABAYA—Subdirektorat Mitigasi Crisis Center UNESA (SMCC) turut serta dalam Aksi Bersih-Bersih Kampus yang digelar dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024. Acara tersebut dilakukan di masing-masing fakultas selingkung UNESA pada Jumat, 23 Februari 2024.
Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak termasuk jajaran dekan, direktur kemahasiswaan, direktur asrama, BEM fakultas, HIMA prodi, unit kegiatan mahasiswa, mahasiswa umum, penghuni asrama, serta cleaning service.
Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap 21 Februari, dihadirkan dengan konsep yang menarik dalam Aksi Bersih-Bersih Kampus dengan tagline, #UNESAPEDULI #GOGreenUNESA. Acara ini tidak hanya menjadi wadah untuk membersihkan lingkungan kampus tetapi juga bertujuan untuk mencapai target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah.
Emillul Fata N.W., koordinator lapangan di Kampus Ketintang dari tim SMCC, menjelaskan bahwa sebanyak lima anggota tim tersebar di beberapa fakultas untuk melakukan pemungutan sampah.
Sampah yang terkumpul akan dibuang ke tempat pembuangan akhir sebagai bagian dari upaya bersama mencapai target bersih-bersih di setiap fakultas. Ia juga menyampaikan bahwa partisipasi mahasiswa umum masih perlu ditingkatkan, dan perbaikan akan dilakukan melalui sosialisasi yang lebih masif serta mengajak mereka secara langsung.
Peringatan HPSN 2024 di UNESA menggarisbawahi pentingnya peran sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. Hal ini sebagai manifestasi dari prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yang mengintegrasikan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup.
“Diharapkan melalui upaya bersama seperti ini, masalah polusi plastik dapat diatasi dengan cara yang lebih produktif,” harap Emillul Fata.[]
***
Reporter: Prismacintya Rachmatika/Salsabila Condro Wati
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas