24 February 2024


Unesa.ac.id., SURABAYA—Pimpinan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyambut kunjungan delegasi dari Taylor’s University, Malaysia di Meeting Room, Rektorat, Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya pada Kamis, 22 Februari 2024. Pertemuan ini membahas rencana kerja sama di berbagai bidang.
Dua delegasi dari Taylor’s University ialah Dr. Wong Chuan Loo dan Dr. Lee Sau Har. Pada kesempatan itu, Junaidi Budi Prihanto, S.KM., M.KM., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Inovasi, Publikasi dan Pemeringkatan Universitas menyambut baik rencana kerja sama tersebut.
Menurutnya, sebagai PTN-BH, UNESA terus memperluas jaringan kerja sama dengan lembaga, dunia usaha-industri, termasuk perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Ada banyak kerja sama yang sudah terjalin dan berjalan mendorong program MBKM dan penguatan riset serta publikasi di UNESA.
Delegasi Taylor’s University menjelaskan bahwa universitas mereka menduduki peringkat 284 dalam pemeringkatan QS, sekaligus menjadi universitas swasta terkemuka di Malaysia dan Asia Tenggara. Mereka juga menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kerja sama internasional, termasuk melalui program berkelas global dengan berbagai lembaga mitra.
Pembahasan kedua pihak antara lain rencana pelaksanaan program mobilitas mahasiswa pada semester depan, dengan fokus pada bulan Agustus sebagai waktu pelaksanaannya. Selain itu, juga pembahasan mencakup rencana kerja sama penelitian antara UNESA dan Taylor’s University.
Dalam pertemuan tersebut, kedua universitas sepakat bahwa peningkatan mobilitas mahasiswa akan menjadi salah satu prioritas utama kerja sama mereka. Program mobilitas mahasiswa ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa dari kedua universitas.
Pun bisa memperkaya perspektif akademik mereka melalui interaksi dengan mahasiswa dari latar belakang budaya yang berbeda. Selain itu, kolaborasi penelitian akademis juga dinilai penting untuk memperluas wawasan keilmuan dan meningkatkan kontribusi penelitian di tingkat internasional.
Pertemuan antara UNESA dan Taylor’s University ini diharapkan menjadi langkah awal yang produktif dalam mempererat kerja sama. Rencana sinergi di bidang mobilitas mahasiswa dan penelitian akademik bersama menjanjikan manfaat besar bagi kedua institusi, serta dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian di tingkat internasional.
Selain itu, kedua universitas juga menjajaki peluang untuk menjalin kemitraan dengan QS, sebuah organisasi pemeringkatan universitas global yang sangat dihormati. Dengan bergabung dalam jaringan QS, kedua universitas berharap dapat meningkatkan visibilitas lembaga secara global dan menarik mahasiswa dan peneliti dari berbagai belahan dunia untuk bergabung dengan komunitas akademik.[]
***
Reporter: Salsabila Condro Wati
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas