25 February 2024


Unesa.ac.id, SURABAYA—Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melalui Direktorat Akademik menyelenggarakan Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Internasional dengan tajuk "The Acceleration of Indonesia's Transformation To A Digital Economy By Improving Digital Talent" secara daring pada Sabtu, 24 Februari 2024.
Kegiatan yang diikuti mahasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara UNESA, United States Agency for International Development (USAID), perusahaan teknologi Elitery, dan layanan pelatihan dan sertifikasi Amazon Web Services (AWS) Training and Certification.
Dalam sambutannya, Prof. Dr. Fida Rachmadiarti, M.Kes., Direktur Akademik UNESA, menekankan bahwa mengikuti sertifikasi kompetensi ini sebagai langkah penting dalam meningkatkan pengalaman-kompetensi, tidak hanya dalam ranah keilmuan jurusan masing-masing, tetapi juga dalam mengembangkan soft skill yang krusial di era digital, seperti teknologi informasi dan digital.
Ainur Rofik, S.Kom., Kepala Seksi Manajemen Digital, memaparkan dengan jelas tata cara pendaftaran yang mudah dan efisien untuk sertifikasi kompetensi ini bagi mahasiswa melalui platform online yang terintegrasi, memungkinkan peserta untuk mendaftar dengan cepat dan nyaman melalui laman SIDIA pada Sistem Single Sign-On (SSO).
Abdul Goni, perwakilan dari AWS, dengan antusiasme mempersembahkan program talenta yang revolusioner. Melalui inisiatif ini, mahasiswa akan mendapatkan akses eksklusif ke Skill Builder di UNESA, sebuah platform pembelajaran daring yang menawarkan akses gratis ke 699 kursus selama periode program tiga tahun.
Sertifikasi yang diberikan diakui secara internasional, membuka peluang luas bagi peserta untuk meraih kesuksesan dalam karier di industri teknologi informasi. Tak hanya itu, 35 peserta terbaik akan dipilih untuk mengikuti bootcamp intensif selama delapan hari di Jakarta setelah menyelesaikan kursus tersebut. Acara ini menjadi momentum penting dalam memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya sertifikasi kompetensi dalam era transformasi digital.
Diskusi dan workshop praktis ini untuk memberikan pemahaman mendalam tentang tuntutan pasar kerja digital saat ini. Dengan kolaborasi antara UNESA, USAID, Elitery, dan AWS, diharapkan menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja Indonesia yang siap bersaing dalam era transformasi digital.[]
***
Reporter: Nelly Najwa (FIP)
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas