05 March 2024


Unesa.ac.id., SURABAYA–Salah satu dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) baru-baru ini mendapat beasiswa penuh dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk belajar di University of California Los Angeles (UCLA). Dosen tersebut ialah Dr. Donny Ardy Kusuma, S.Pd., M.Kes.
Beasiswa ini dikenal sebagai program diplomasi olahraga yang dirancang untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pemahaman tentang olahraga antara Amerika Serikat dan negara-negara lain seperti Indonesia.
“Awal mulanya itu saya dapat semacam scholarship, itu dari pemerintah Amerika Serikat. Jadi, kedatangan saya ke Amerika dibayar penuh oleh Pemerintah AS dalam skema beasiswa,” ucapnya.
Selama di UCLA, dosen yang akrab disapa Donny itu belajar tentang berbagai aspek tentang olahraga, termasuk manajemen olahraga dan bagaimana menumbuhkan nilai-nilai olahraga seperti disiplin dan tanggung jawab di perguruan tinggi.
Kesempatan belajar itu dimanfaatkannya sekaligus untuk membangun jejaring antara UNESA dan kampus-kampus yang dikunjungi di Amerika Serikat, termasuk UCLA.
“Program belajar ini memang seperti sesi kelas tapi langsung ke apa yang memang ingin saya ketahui. Jadi dibagi tuh tips-tipsnya dan strategi belajarnya,” ungkapnya.
Donny menekankan betapa pentingnya pengalaman belajar menambah ilmu dan pengetahuan di Negeri Paman Sam, yang memiliki industri olahraga dan perguruan tinggi tersohor di dunia internasional.
Setelah menyelesaikan program ini, pemerintah Amerika Serikat mengharapkan adanya kerja sama lebih lanjut. “Nah, ke depan saya mau berencana buka jejaring antara UNESA dengan kampus-kampus yang saya tuju di Amerika Serikat. Artinya kita memang butuh belajar ke sini, sangat butuh. Apalagi keunggulan kita salah satunya kan olahraga,” jelasnya.
Menurutnya, olahraga di Amerika Serikat bukan hanya dianggap sebagai media untuk meningkatkan kebugaran. Lebih dari itu, olahraga digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kerja sama, disiplin, tanggung jawab, kompetisi, dan kejujuran.
Olahraga sudah menjadi keterampilan hidup yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dia berharap bisa membawa ilmu dan pengalaman yang diperoleh dari studinya di Amerika Serikat ke Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi dan nilai olahraga di UNESA.
Dalam rangka ini, dia juga menginginkan untuk membuat beberapa program di UNESA khusus untuk olahraga. Selain itu, dia juga berharap untuk membuka peluang mahasiswa UNESA untuk magang di Amerika Serikat. Dia percaya bahwa kemampuan mahasiswa Indonesia dapat bersaing dengan mahasiswa di Amerika Serikat.
“Saya udah ngomong dengan beberapa dosen di AS yang saya kenal melalui aktivitas kelas saya dan mereka mau bersinergi dengan Indonesia. Itulah yang menjadi target saya ke depan,” ungkapnya.[*]
***
Reporter: Sindy Riska (FISH)
Editor: @zam*
Foto: Dokumentasi Donny Ardy Kusuma