08 March 2024


Rombongan siswa SD, SMP dan SMA Labchool UNESA dalam program Sister School di Malaysia dan Thailand
Unesa.ac.id., SURABAYA–Puluhan siswa tingkat SD, SMP, dan SMA Labschool UNESA menjalani program sister school di Thailand dan Malaysia pada 28 Februari hingga 5 Maret 2024. Negara pertama yang dikunjungi yaitu Malaysia.
Di sana, mereka langsung benchmarking dengan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan mengunjungi Pasar Seni. Selain itu, mereka juga mampir ke Twin Tower atau Menara Kembar yang menjadi icon dari Negeri Jiran itu.
Kegiatan siswa Labschool UNESA dalam Program Sistem School di Malaysia dan Thailand
Direktur Labschool, Prof. Sujarwanto, M.Pd., mengatakan bahwa program ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun dan tidak hanya sekali. Tujuannya yaitu meningkatkan pemahaman dan pengalaman siswa.
“Ini salah satu cara kita supaya anak-anak bisa berdiskusi, merasakan sendiri apa dan bagaimana bedanya pembelajaran di Indonesia dan luar negeri,” ungkapnya.
Kegiatan siswa Labshool UNESA bersama siswa sekolah yang terlibat dalam program sister school di Malaysia dan Thailand
Seluruh aktivitas dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Kegiatan English Camp juga diselipkan dalam program tersebut. Harapannya, siswa terbiasa dalam percakapan internasional.
Tibanya di Thailand, rombongan siswa bertandang di Nathawee School dan Watnanom School sekaligus melakukan MoA. Di sana mereka disambut pertunjukan tari tradisional dari kedua negara sebagai simbol pertukaran budaya sebagai pembuka kegiatan.
Kegiatan siswa Labschool UNESA bersama siswa Nathawee School di Thailand
Tidak belajar sendiri, siswa Labschool ditemani teman-teman yang merupakan siswa asal Thailand. Ada berbagai hal yang mereka lakukan untuk menambah pengalaman menyenangkan luar kelas seperti kelas menari dan memasak.
Sebagai informasi, rombongan siswa Labschool mengakhiri kunjungannya untuk menjajal budaya Thailand yang lain seperti pasar malam di Songkhla dan pasar apung guna menambah wawasan dan pengetahuan budaya mereka.[]
***
Reporter: Fatimah Najmus Shofa
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Labschool UNESA