19 March 2024


Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dan masyarakat sekitar antre takjil untuk buka bersama di halaman depan gerbang utama UNESA
Unesa.ac.id., SURABAYA—Ada pemandangan yang berbeda di depan halaman gerbang Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya setiap jelang waktu berbuka puasa. Seribu porsi makanan dan paket takjil tampak disiapkan panitia di setiap tenda.
Di sana ada jejeran piring yang berisi nasi putih dan lauk-pauk. Ada paket takjil yang berisi kurma, roti dan air mineral, kadang buah-buahan. Juga tampak jejeran minuman segar. Menu makanan tersebut bisa berbeda setiap harinya. Suasana bukber semakin menarik dengan perfoma musik persembahan mahasiswa musik FBS.
Mahasiswa kampus Rumah Para Juara ngabuburit bareng teman-temannya di halaman depan gerbang utama UNESA
Semuanya itu disiapkan kampus 'Rumah Para Juara' setiap harinya selama Ramadan untuk mahasiswa, masyarakat sekitar termasuk pengguna jalan. Agenda pembagian takjil dan buka bareng tersebut dihadiri langsung rektor, wakil rektor dan jajarannya pada Senin, 18 Maret 2024.
Kehadiran pimpinan selain memantau langsung kegiatan berbagi tersebut, juga untuk berbuka bareng dengan mahasiswa dan masyarakat. Kehadiran pimpinan sontak menimbulkan reaksi meminta foto bersama atau swafoto bersama pimpinan.
Rektor UNESA Cak Hasan swafoto bersama mahasiswa saat agenda bagi takjil
Rektor Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., atau Cak Hasan mengatakan bahwa agenda bagi takjil dan buka bareng ini termasuk kegiatan rutin UNESA setiap bulan puasa, kecuali masa pandemi. Tujuannya untuk berbagai kebahagian dan keberkahan kepada sesama.
"Momentum yang sangat diharapkan saat bulan puasa ialah suasana kebersamaan. Apalagi bagi mahasiswa dan masyarakat yang jauh dari keluarga atau orang tua. Karena itulah, kami menginisiasi agenda ini agar mahasiswa bisa buka bareng dengan teman-teman kelasnya, juga masyarakat," ucap Cak Hasan.
Wakil Rektor 2 UNESA dan jajarannya memantau kegiatan pembagian takjil
Bagi Cak Hasan, suasana buka bareng tersebut bakal menjadi pengalaman yang berkesan yang terus diingat dan diceritakan kembali oleh mahasiswa ketika lulus nanti atau ketika mereka reuni buka bareng suatu saat nanti.
"Tujuan kami yaitu untuk menyemarakkan semangat berbagi di bulan suci Ramadan. Selain itu, untuk memperkuat rasa kebersamaan antara mahasiswa, masyarakat dan pimpinan UNESA. Semoga apa yang kita lakukan, amal baik, dan puasa serta ibadah kita semua berkah dan diterima di sisi Allah SWT," harap Cak Hasan.
Ditemani sang istri, Rektor Cak Hasan bersama jajarannya memantau kegiatan bagi-bagi takjil di halaman depan gerbang utama UNESA
Kegiatan yang berlangsung hingga 4 April 2024 ini dihandle oleh seluruh lembaga atau unit kerja selingkung UNESA secara bergilir. Adapun jadwal penanggung jawab bagi takjil UNESA sebagai berikut:Jumat, 15 Maret 2024 RektorSabtu, 16 Maret 2024 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL)Minggu, 17 Maret 2024 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)Senin, 18 Maret 2024 Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNESASelasa, 19 Maret 2024 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)Rabu, 20 Maret 2024 Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB)Kamis, 21 Maret 2024 Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK)Jumat, 22 Maret 2024 Fakultas Teknik (FT)Sabtu, 23 Maret 2024 Fakultas Kedokteran (FK)Minggu, 24 Maret 2024 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)Senin, 25 Maret 2024 Sekolah PascasarjanaSelasa, 26 Maret 2024 Fakultas VokasiRabu, 27 Maret 2024 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)Kamis, 28 Maret 2024 Labschool UNESAJumat, 29 Maret 2024 Lembaga Pendidikan dan Sertifikasi Profesi (LPSP)Sabtu, 30 Maret 2024 BEM UniversitasMinggu, 31 Maret 2024 Wakil Rektor 1Senin, 1 April 2024 Wakil Rektor 2Selasa, 2 April 2024 Wakil Rektor 3Rabu, 3 April 2024 Wakil Rektor 4Kamis, 4 April 2024 Rektor. []***
Reporter: Sindy Riska (FISH atau FISIPOL)/Fatimah Najmus Shofa (FBS)
Editor: @zam (FIP)
Foto: Dokumentasi Tim Humas