27 March 2024


Jajaran panitia persiapan bersama Wali Kota Surabaya dan jajarannya membahas keperluan teknis mensukseskan multi-event AUG 2024.
unesa.ac.id., SURABAYA—Tim Panitia Persiapan AUG 2024 mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Surabaya dan Malang sebagai tuan rumah penyelenggaraan multi-event, ASEAN University Games 2024 pada Jumat, 22 Maret 2024. Agenda pertemuan tersebut membahas pemantapan persiapan menyambut perhelatan kompetisi olahraga bergengsi se ASEAN pada 25 Juni sampai 6 Juli 2024 itu.
"Kami bertemu Pak Eri Cahyadi (Wali Kota Surabaya, red) dan Pak Wahyu Hidayat (Pj. Wali Kota Malang, red) intinya semua siap untuk sama-sama memantapkan semua persiapan mensukseskan AUG 2024," ucap Prof. Dr. Madlazim, M.Si., Ketua Bapomi Jatim yang memimpin audiensi tersebut.
Dalam pertemuan itu, dibahas berbagai keperluan teknis, mulai dari administrasi, perlengkapan acara, venue, jenis cabor yang diperlombakan, sistem seleksi, sampai pada konsep pembukaan dan penutupan acara nantinya.
Adapun jenis cabor yang diperlombakan meliputi atletik, renang, futsal, badminton, sepak takraw, bola basket, dan bola voli. Juga bola tangan, judo, pencak silat, wushu, taekwondo, karate, sport climbing, panahan, petanque, tennis, catur dan bridge.
Panitia persiapan bersama Wali Kota Surabaya berkomitmen untuk mensukseskan AUG 2024
Kegiatan ini nantinya berlangsung di dua tempat berbeda di Jawa Timur, yakni di Surabaya dan Malang. Lalu untuk sport venuenya tersebar ke beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Negeri Malang (UM), Universita Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang, dan KONI Jawa Timur.
Sedangkan untuk sport venue wilayah Surabaya tersebar di Universitas Airlangga (Unair), Universitas Surabaya, Universitas Pembangunan Veteran Jatim (UPN Jatim), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) , dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA).
Lebih lanjut dalam audiensi itu menyebutkan jika UNESA sebagai wilayah perwakilan Surabaya, akan menjadi tempat pembukaan dalam ajang olahraga mahasiswa terbesar se-ASEAN itu.
Sementara Universitas Negeri Malang (UM) sebagai perwakilan Kota Malang akan menjadi venue pada saat penutupan AUG. Sebagai bentuk dukungan terhadap ASEAN University Games, Pemkot Surabaya pada kesempatan ini berkontribusi dalam bentuk opening ceremony, gala dinner, akses transportasi, keamanan, kesehatan, publikasi.
Jajaran panitia dan Pj Wali Kota Malang siap menjadikan AUG 2024 sebagai multi-event yang sukses, berkesan dan berdampak bagi semua
Selain itu juga berkenaan dengan program pariwisata kota untuk para atlet dari negara-negara ASEAN. Hal yang sama juga disampaikan Pemkot Malang. Intinya, pemda dan pemkot siap mensukseskan perhelatan AUG 2024.
Sebagai tambahan, pelaksanaan AUG 2024 melibatkan beberapa unsur sebagai berikut: PP Bapomi, Bapomi Jawa Timur, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Surabaya, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang.
Lalu, Universitas Islam Malang, Direktorat Belmawa, Pusat Prestasi Nasional, Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investas, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Juga, Kepolisian Republik Indonesia, Komite Olahraga Nasional Indonesia, Komite Olimpiade Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kabupaten Malang, Pengurus Besar Cabang Olahraga. [*]
***
Reporter: Saputra (FBS)
Editor: @zam* (FIP)
Foto: Dokumentasi Tim Humas