14 April 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Perlahan tapi pasti, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus bertransformasi menuju world class university. Prestasi demi prestasi telah diraih dan pemeringkatan pun semakin meningkat baik di level nasional maupun internasional.
Terbaru, tahun 2022 ini, UNESA menduduki peringkat 7 nasional dan 456 dunia kategori Bahasa dan Sastra versi Scimago Institutions Rankings (SIR). Selain itu, juga menduduki peringkat 9 nasional dan 490 dunia kategori pendidikan. Tak sampai di situ, dalam kategori Fisika dan Astronomi, UNESA berada di rank 15 nasional.
SIR merupakan lembaga pemeringkatan yang menilai perguruan tinggi berdasarkan tiga indikator utama, meliputi riset, inovasi dan dampak sosial yang dihasilkan. Ketua Satuan Klasterisasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi, Nadi Suprapto, M.Pd.,Ph.D., menjelaskan, bahwa ranking yang diraih tersebut merupakan buah dari komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Komitmen UNESA, lanjutnya, di antaranya terwujud dalam menerapkan kurikulum terbaru dan terapan sesuai kebutuhan zaman, menyelenggarakan proses belajar mengajar sesuai dengan metode pembelajaran yang tepat namun juga melaksanakan proses publikasi ilmiah berupa jurnal terindeks pada sejumlah portal yang terakreditasi unggul.
Capaian tersebut tidak lepas dari upaya yang dilakukan UNESA selama ini, di antaranya menjalankan strategi berbasis riset dengan publikasi jurnal pada database terindeks scopus dan Scimago berdasar ketiga indikator penilaian yang digunakan yakni penelitian, inovasi dan dampak sosial.
“Sebagai perguruan tinggi eks lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK), UNESA memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan, kami memiliki sejumlah riset dengan kategori tertinggi diantaranya, International Journal of Inclusive Education, Asia Pacific Education Review, Journal of Teaching in International Business, Journal of Entrepreneurship Education dan masih banyak lagi,” jelasnya.
Ranking tersebut tentu menjadi motivasi bagi UNESA untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas riset dalam berbagai bidang. Karena itu, ke depannya, sinergisitas antar lembaga dan bidang di UNESA terus ditingkatkan. Salah satunya melalui pelaksanaan seminar mingguan, program riset penugasan untuk guru besar guna menghasilkan luaran sebanyak-banyaknya.
Begitupun dengan pembentukan jurnal yang diinisiasi UNESA untuk mendukung publikasi ilmiah terindeks scopus bagi civitas akademika. Nadi menjelaskan, pemeringkatan ini memiliki dampak bagi UNESA sehingga memerlukan komitmen untuk selalu menghasilkan inovasi dan memperuluas dampak bagi masyarakat serta mencapai peringkat yang lebih tinggi.
“Dengan adanya pemeringkatan ini menjadi bukti kualitas UNESA sehingga harapannya semakin banyak mendapatkan rekognisi di tingkat nasional dan internasional,” ucapnya. [Humas UNESA]