02 June 2024


Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kampus 2 Lidah Wetan
Unesa.ac.id., SURABAYA—Peningkatan mutu dan kualitas riset yang digencarkan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melalui program transformasi mulai berbuah manis. Hasil dari komitmen tersebut, capaian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat para dosen kampus ‘Rumah Para Juara’ mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.
Hal itu diungkapkan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNESA Prof. Dr. Muhammad Turhan Yani, MA pada Sabtu, 1 Juni 2024. “Jumat, 31 Mei 2024 kemarin itu hari istimewa bagi UNESA, karena proposal penelitian dan PKM banyak yang lolos kompetisi nasional di Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek RI Tahun 2024,” bebernya.
Kabar baik tersebut langsung diapresiasi Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. Guru besar ilmu keolahragaan yang akrab disapa Cak Hasan itu turut bangga atas capaian yang diperoleh LPPM UNESA tersebut. Menurutnya, riset dan pengabdian merupakan pilar penting perguruan tinggi yang perlu untuk terus ditingkatkan kualitas dan dampaknya bagi masyarakat.
Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes
“Saya berharap kegiatan atau program yang dilakukan selama ini untuk peningkatan kualitas dan capaian riset serta pengabdian bisa terus diperkuat dan dikembangkan lagi dengan melibatkan peserta dosen lebih banyak lagi agar menjadi budaya akademik untuk menguatkan UNESA PTNBH,” harap Cak Hasan.
Disampaikan Ketua LPPM, Prof Turhan, bahwa untuk lolos pendanaan penelitian dan PKM di DRTPM kompetisinya sangat ketat karena proposal yang diajukan ke DRTPM jumlahnya ribuan dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta.
Di samping itu pada tahap seleksi juga sangat ketat karena melalui desk evaluasi proposal (tahap administrasi) oleh DRTPM, kemudian dilanjutkan seleksi substansi proposal oleh 3 orang reviewer gabungan reviewer nasional yang ditugaskan oleh DRTPM dan yang ditugaskan oleh perguruan tinggi.
Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), UNESA Prof. Dr. Muhammad Turhan Yani, M.A
Menurut Prof Turhan, ini kabar yang menggembirakan dan membahagiakan bagi UNESA sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), khususnya untuk capaian indikator kinerja utama atau IKU-3 dan IKU-5.
Dalam 3 tahun terakhir (2022, 2023, 2024) capaian penelitian dan PKM yang diraih oleh UNESA pada kompetisi di DRTPM mengalami peningkatan signifikan, tahun 2022 jumlah proposal yang didanai DRTPM sebanyak 26 proposal penelitian dan 7 proposal PKM.
Tahun 2023 meningkat signifikan menjadi 43 proposal penelitian dan 9 proposal PKM, dan 2024 meningkat lebih signifikan lagi menjadi 117 proposal penelitian dan 13 proposal PKM, atau total 130 proposal.
Capaian signifikan tersebut tidak lepas dari upaya LPPM yang telah menyiapkan dengan matang dan terukur menyambut kompetisi nasional DRTPM melalui workshop berseri dan coaching clinic proposal dengan mendatangkan Direktur DRTPM Kemendikbudristek Prof. Faiz Syuaib dan beberapa reviewer nasional DRTPM.
Prof Turhan mengagendakan kembali workshop berseri dan coaching clinic proposal seperti tahun sebelumnya. Dia berharap setiap fakultas dan prodi menyiapkan tim proposal untuk kompetisi DRTPM 2025.
Selain kompetisi non-APBN internal UNESA, kemudian tim tersebut diwajibkan mengikuti camp/workshop dan coaching clinic proposal di LPPM bersama reviewer nasional DRTPM. Kegiatan tersebut diagendakan LPPM pada Agustus atau Oktober 2024.[]