10 April 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA -Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan webinar series dengan tema “Manajemen Perubahan untuk Implementasi Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar” pada Sabtu (09/04/2022). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dan disiarkan melalui YouTube Pascasarjana Unesa.
Pada kesempatan itu, Dr. Praptono, M.Ed., Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek menjelaskan, dalam meningkatkan inovasi dan strategi dapat didorong melalui kurikulum merdeka.
Dalam penerapan kurikulum merdeka, lanjutnya, perlu didukung platform merdeka mengajar untuk membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi dan pemahaman untuk menerapkan kurikulum tersebut. “Jadi sekarang tidak ada alasan guru kesulitan dalam mendapatkan perangkat ajar,” tandasnya.
Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., menyampaikan bahwa masa pandemi ini menuntut adanya strategi manajemen perubahan dalam hal belajar dan mengejar. Pemerintah telah memfasilitasi adanya merdeka belajar dan mengajar dalam bentuk simplifikasi kurikulum sekolah dasar hingga menengah. Ini menjadi peluang sekaligus tantangan untuk terus melakukan inovasi dan kreasi dalam menangkap ide simplifikasi tersebut.
Pascasarjana pun telah melakukan banyak inovasi yang menunjukkan adanya kreativitas di dalamnya. Teranyar, beberapa prodi baru sudah dibuka dan akan diluncurkan tahun ini. Ini peluang yang diberikan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat. “Mudah-mudahan webinar ini berlangsung terus dan kita bisa memiliki ide kreatif lewat kegiatan yang serupa,” harapnya.
Prof. Dr. Wasis, M.Si., Direktur Pascasarjana UNESA menyampaikan, dalam rangka mewujudkan visi dan misi, khususnya dalam pengembangan inovasi dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, Pascasarjana menyelenggarakan webinar series yang pertama tersebut.
“Semoga dari narasumber yang hadir memberi penguatan bagi kita semua sehingga di dalam kondisi pandemi tetap mengawal kualitas penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian di masing-masing lembaga kita secara umum,” harapnya.
Sementara itu, Prof. Dr. Nining Widya Kusnanik, M.Appl.Sc. selaku Wakil Direktur Akademik dan Kemahasiswaan Pascasarjana Unesa menjelaskan, pada penerimaan mahasiswa baru semester genap, Pascasarjana telah menambah 3 prodi baru yaitu S-2 Pendidikan Anak Usia Dini, S-2 Kimia, dan S-2 Akuntansi. Sehingga totalnya ada 31 prodi; 8 prodi S-3 dan 23 prodi S-2.
Sementara itu, Dr. Erny Roesminingsih, M.Si., Kaprodi S-2 Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNESA memaparkan bahwa masa pandemi, tidak hanya berfokus dalam inovasi saja, tetapi juga membutuhkan pemulihan dan memerlukan transformasi. Kemudian sebelum menutup pemaparannya, ia mengajak para penggerak dunia pendidikan untuk tetap berkomitmen pada perubahan dan berinovasi. [Humas UNESA]
Penulis : Mohammad Dian Purnama dan Esti
Editor: @zam*