10 March 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus perkuat implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satunya memperluas kerja sama dengan berbagai pihak. Terbaru, UNESA bersama sebelas perguruan tinggi lainnya dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menandatangani nota kesepahaman kerja sama pada Senin, 7 Maret 2022.
Prof. Dr. Arif Satria, SP., MSi Ketua ICMI menyampaikan bahwa, pihaknya mendorong kolaborasi lintas lembaga dan lintas bidang untuk meningkatkan kualitas mindset dan skillset SDM Indonesia. Dia berharap, dengan kerja sama tersebut dapat menciptakan generasi muda dan SDM yang berkarakter, kritis dan inovatif.
Ketua Majelis Pendidikan Tinggi ICMI, Prof. Ganefri Effendi, Ph.D melanjutkan, kerja sama lintas institusi termasuk dengan perguruan tinggi perlu dilakukan dan kolaborasi harus terus ditingkatkan. “Ini penting, karena dalam mencapai tujuan lembaga dan bangsa diperlukan SDM yang kompeten, unggul, maju dan visioner. Hal ini bisa kita upayakan bersama perguruan tinggi,” ujarnya.
Dr. Agus Hariyanto, M.Kes., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNESA yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa kerja sama itu dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan tridarma dan mengembangkan SDM perguruan tinggi. “Yang didorong dalam kerja sama ini yaitu pengembangan inovasi, peningkatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat,” terangnya.
Selain itu, bahasan dalam kerja sama itu juga menaruh perhatian pada upaya bersama dalam mendorong anak-anak muda Indonesia agar menjadi generasi cerdas, kreatif dan memiliki kemandirian ekonomi. “Kami dari perguruan tinggi sangat mengapresiasi dan antusias serta siap berkolaborasi untuk mendukung program maupun kegiatan ICMI ke depannya. Semoga komitmen bersama ini segera terealisasi untuk generasi yang unggul dan bangsa yang maju,” kata pria yang pernah jadi pelatih dan wasit basket itu.
Selain UNESA, sebelas perguruan tinggi lain yang terlibat dalam penandatanganan kerja sama diantaranya yaitu, Universitas Airlangga, Universitas Majalengka, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Padang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Terbuka dan Universitas Tanjungpura. [Humas UNESA]
Penulis: Hasna
Editor: @zam*
Foto: website ICMI (https://www.icmi.web.id/berita/berita-nasional/icmi-dan-12-perguruan-tinggi-negeri-di-kalbar-teken-kerja-sama-program-pendidikan )