31 January 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-KUMI UNESA TEAM yang terdiri dari Kurnia Dwi Cahyani dan Mia Rarasyanti, mahasiswi S-1 Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, raih juara 2 kategori beauty pada ajang Internasional Vlog Competition Faculty of Tourism and Hospitality, yang diselenggarakan Universitas Negeri Padang, pada 15 Oktober-10 November 2021.
Peserta yang terlibat dalam lomba tersebut, tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari Malaysia dan Filipina. Pada kesempatan itu, KUMI team mengusung tema Fantasy Make Up Tutorial of Medusa. Tema tersebut dipercaya bisa lebih mengeksplorasi dan menuangkan ide lebih banyak.
Medusa merupakan makhluk mitologi Yunani yang berwujud wanita cantik berambut ular. Lewat karakter tersebut, secara tidak langsung, KUMI menyampaikan pesan kepada audiens akan pentingnya menjaga sikap ketika berada di tempat yang dianggap sakral. “Karena cerita Medusa itu sendiri, manusia berubah menjadi siluman ular akibat ulahnya, berbuat yang tidak pantas di sebuah kuil,” ujar Kurnia Dwi Cahyani.
Ide tata rias tersebut, ternyata dari hobi mereka sendiri yang sering menonton film maupun series. Dari tontotan itulah, banyak ide yang mereka dapatkan dan dituangkan dalam bentuk tata rias atau make up. Sebelum ide itu dieksekusi, mereka terlebih dahulu melakukan ‘studi pustaka’. Proses itu memakan waktu kurang lebih seminggu. Sedangkan pelaksanaan make up beserta pengambilan video memerlukan waktu kurang lebih 7 jam.
Mereka mengikuti lomba tersebut, selain sebagai sarana menyampaikan pesan-pesan penting lewat keterampilan tata rias, juga untuk mengenalkan prodi Tata Rias UNESA pada masyarakat internasional.
KUMI, tidak hanya sekali memenangi lomba, tetapi juga pernah membawa pulang trofi juara 1 lomba Video Tutorial dan Ide Bisnis oleh FPP UNP. Pada event tersebut, mereka mengangkat tema “Tutorial Make up Turonggo Yakso”. Selain itu, pada tahun sebelumnya KUMI juga duduki posisi juara 1 tingkat nasional lomba Vlog Competition Faculty of Tourism and Hospitality. Lomba yang sama level yang yang berbeda KUMI tetap keluar jadi juara.
“Jangan ragu buat ikut lomba, cari tim yang satu frekuensi, dan tuangkan ide-ide yang ada dalam pikiran melalui lomba. Ikut lomba tidak ada ruginya. Ikut kompetisi tidak salahnya. Jangan takut kalah. Kalah menang hal yang wajar. Paling penting, dengan mencoba, banyak hal berharga yang kita dapatkan,” ucap mahasiswi angkatan 2018 itu. [Humas UNESA]
Reporter: Aida
Editor: @zam*
Foto: dokumentasi Kurnia Dwi C