03 December 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan Triathlon 2021 yang berlangsung pada 2-5 Desember 2021 di Kampus Lidah Wetan. Triathlon merupakan kompetisi yang terdiri dari tiga rangkaian cabang olahraga yang berbeda; renang, balap sepeda dan lari. Para peserta harus melewati rangkaian cabor tersebut secara berkesinambungan dalam kurun waktu tertentu.
Dr. Donny Ardy Kusuma, M.Kes., Wakil Ketua UNESA Triathlon 2021 dalam sambutannya menyatakan, kompetisi itu diikuti sebanyak 11 tim perwakilan dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Itu merupakan Triathlon pertama yang diselenggarakan UNESA dan pertama juga diselenggarakan di area kampus.
Agar olahraga tersebut semakin dikenal masyarakat luas dan bisa menjaring bibit atlet berbakat, tidak menutup kemungkinan, triathlon menjadi kompetisi rutin yang akan diselenggarakan UNESA ke depannya.
Dengan race tersebut, diharapkan terpilih atlet terbaik yang bisa mewakili Indonesia untuk meningkatkan prestasi di kancah Asia Tenggara maupun Asia. Prestasi Indonesia sebelumnya; tiga perunggu pada nomor triathlon dan satu emas di nomor dwiathlon. “Semoga tahun depan yang perunggu bisa jadi emas dan yang emas nambah lagi emasnya,” harapnya.
Sementara itu, saat membuka acara, Arman van Kempen, Ketua Pengprov Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jawa Timur menuturkan bahwa para atlet yang berlaga dalam kompetisi tersebut turun di tiga nomor; triathlon, dwiathlon dan aquathlon. Ketiga nomor tersebut, merupakan salah satu ajang seleksi sekaligus persiapan untuk menghadapi event olahraga pada 2022-2023.
Pada Mei 2022, Indonesia menghadapi Pesta Olahraga Asia Tenggara atau SEA Games di Vietnam. Lalu, akan terlibat dalam Pesta Olahraga Asia atau Asian Games pada September 2022. Kemudian juga ada Pesta Olahraga Pantai Asia atau Asian Beach Games (ABG).
Pada 2023, Indonesia juga akan terlibat dalam SEA Games di Kamboja dan World Beach Games (WBG). Pada WBG nanti, akan pertandingkan nomor triathlon dan aquathlon. “Ini upaya dan persiapan kita bersama, semoga ini bisa berjalan lancar dan muncul para atlet-atlet unggul yang mampu mengharumkan Indonesia di kancah dunia,” terangnya.
UNESA Triathlon ini merupakan penutup dari seluruh rangkaian event Triathlon 2021. “Saya apresiasi, karena para juara triathlon di berbagai daerah, semua berlaga di UNESA Triathlon. Sekali lagi terima kasih untuk semua yang terlibat. Semoga dari sini kita bisa mengantongi segudang prestasi dalam dan luar negeri,” tutupnya. [Humas UNESA]
Reporter: Nabila
Editor: @zam*