01 November 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA–Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bekerja sama dengan John Robert Powers menggelar Service Excellence Training bagi tenaga kepegawaian. Pelatihan ini dimulai pada 01-10 November 2021 di Lantai 9 Gedung Rektorat UNESA Kampus Lidah Wetan.
Acara pembukaan dihadiri Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Suprapto, S.Pd., M.T., serta jajaran peserta yang merupakan kepala unit, koordinator, sub-koordinator dan tenaga kependidikan yang bekerja dalam bagian pelayanan secara langsung. Juga, dihadiri fasilitator yang akan memberikan beberapa materi–materi selama pelatihan berlangsung.
Dalam sambutannya, Suprapto menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan para kepala unit, koordinator dan sub-koordinator menuju PTN BH. “Kita harus memulai merubah mindset dari PTN BLU menuju PTN BH” tukasnya.
Dalam pelatihan kali ini, ada sekitar 66 peserta yang ikut guna meningkatkan kompetensi jelang perubahan status UNESA menjadi PTN BH. Selain itu, pelatihan ini juga penting untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. “Saya harap PTN BH kita bukan PTN BH di atas kertas, tapi benar-benar menjadi PTN BH yang siap mengabdi untuk masyarakat dan bangsa serta mamajukan negara lewat prestasi,” tandasnya.
Prof. Nurhasan, M.Kes., mengungkapkan bahwa pelatihan itu tidak hanya dilakukan sekali. Namun, ke depannya juga akan diadakan pelatihan serupa baik untuk dosen, kajur dan maupun kaprodi selingkung UNESA.
“Perubahan mindset ini penting dilakukan, bukan hanya agar kita memahami tuntutan PTN BH, tetapi juga memapu mengejewantahkan PTN BH itu ke ranah kreasi dan inovasi,” tegasnya. “Menjadi PTN BH, berarti tingkat pengabdian kita kepada masyarakat dan bangsa tidak boleh main-main,” pungkasnya.
Dalam pelatihan kali ini, peserta akan mendapatkan beberapa hal melalui fasilitator dan pemateri dari John Robert Powers di antaranya Building Positive Service Attitude oleh Toninardi, Interpersonal Skills oleh Sherly Tanoto dan berbagai materi lainnya. Peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat diharapkan dapat meningkat untuk menunjang UNESA sebagai PTN BH ke depannya. (hasna/zam*)