26 October 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA–BIPA Universitas Negeri Surabaya mendapat kunjungan tim dari UIN Walisongo Semarang pada Selasa, (26/10) di Gedung CPD Pascasarjana UNESA. Dalam kunjungan kali ini, hadir Octo Dendy Andriyanto, S.Pd., M.Pd. selaku ketua BIPA UNESA, Asrori, S.S., M.Pd., beserta tim. Sedangkan dari UIN Walisongo dihadiri oleh H. Alis Asikin M.A., beserta tim pusat pengembangan bahasa UIN Walisongo Semarang.
Kunjungan tersebut bertujuan untuk studi banding dan saling bertukar pengalaman dalam hal pengembangan program BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing). Dalam sambutannya, Alis Asikin menyampaikan rasa terima kasih kepada BIPA UNESA atas sambutan dan kesempatan diskusi tersebut. “Kami datang bertujuan ingin sharing tentang bagaimana mengelolah dan mengembangkan pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing,” ungkapnya.
Octo Dendy Andriyanto menyatakan bahwa BIPA UIN Walisongo akan banyak belajar dari segi pengelolaan dan pengembangan BIPA di UNESA. “BIPA harus mampu bersinergi antar perguruan tinggi maupun instansi lain terkait, seperti tim BIPA yang bekerja sama dengan OIA UNESA untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing di UNESA,” ujarnya.
Terkait manajement pengelolaan BIPA, menurutnya terdiri dari beberapa program dan kegiatan; ada kegiatan seni budaya, festival dan kompetisi BIPA nasional, promosi BIPA, peserta BIPA, kerja sama, pengajar hingga peningkatan kompetensi. “Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut dan saling memberikan kebermanfaatan satu sama lainnya,” harap Octo Dendy Andriyanto. (Hasna/zam)