22 October 2021


Unesa. ac.id, SURABAYA–Universitas Negeri Surabaya terus menjalin kerja sama dalam mengembangkan dan memajukan pendidikan Indonesia. Kali ini, UNESA melalui UPT Pusat Bahasa menjalin kerja sama dengan SMA Muhammadiyah 1 Taman Sepanjang Sidoarjo (SMAMITA). Penandatanganan kerja sama dilakukan pada Kamis 22 Oktober 2021 di Lantai 8 Gedung Rektorat UNESA Kampus Lidah Wetan.
Acara ini dihadiri Dr. Sujarwanto, M.Pd. selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Drs. Suwarno Imam Samsul, M.Pd., selaku Kepala Pusba UNESA beserta jajarannya. Sedangkan dari pihak SMAMITA dihadiri Drs. Zainal Arif Fakhrudi, M.M., Kepala Sekolah SMAMITA beserta jajarannya.
Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama menerangkan bahwa prestasi siswa dapat menjadi tolak ukur seberapa besar keunggulan lembaga pendidikan tersebut. Dengan meningkatkan layanan, fasilitas dan kualitas yang diberikan kepada siswa dapat memacu prestasi mereka. ”Bahasa Inggris adalah jendela dunia, kalau siswa sudah lancar bahasa Inggris, itu luar biasa kesempatannya dan kita tingkatkan kemampuan bahasa sekolah-sekolah lewat kerja sama ini,” terangnya.
Kerja sama yang dilakukan UPT Pusat Bahasa dengan SMAMITA meliputi pelatihan bahasa Inggris kepada guru, murid, tendik maupun pegawai sekolah lainnya sebagai upaya internasionalisasi sekolah. Tujuannya untuk memajukan kualitas sekolah sekaligus guru dan murid di bidang bahasa asing. Ke depannya, UNESA juga mendukung penuh untuk pelatihan dan pendampingan bagi SMAMITA untuk melebarkan minat menuju bahasa asing lainnya. UNESA sendiri memiliki beberapa jurusan bahasa asing seperti bahasa Mandarin, bahasa Jerman, bahasa Jepang dan bahasa Inggris.
Zainal Arif mengungkapkan bahwa guru harus visioner dan adaptif terhadap berbagai perubahan dan tuntutan agar mampu melahirkan siswa–siswa yang berkualitas. “Saya berharap ada peningkatan kualitas lewat kerja sama ini dan semoga dapat sama-sama memberikan yang terbaik untuk para siswa dan masyarakat,” harapnya. (Hasna/zam*)