26 September 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNESA mengadakan pelatihan PKM 2021 yang bertema “Hay When the Sun Shines” dan dihadiri mahasiswa UNESA termasuk EDSA UNESA angkatan 2021 pada Sabtu (25/09/2021). Sebagai pemateri pelatihan yakni tim Penalaran FBS UNESA, Arik Susanti, S.Pd., M.Pd., dan Madinatul Munawaroh, S.Pd., Finalis PIMNAS 33 PKM-GFK 2020.
Arik Susanti mengatakan, bahwa PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan wujud Tridharma Perguruan Tinggi di bawah pengelolaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA). Selain itu juga sebagai wujud kreatif serta inovatif mahasiswa. “Program ini adalah upayah untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa,” tuturnya.
Inovasi, lanjutnya, muncul sebagai hasil perpaduan antara ide dan pengalaman yang kemudian direalisasikan dalam bentuk karya. PKM terus dikembangkan dan disempurnakan. Kriteria umum mahasiswa dalam menulis PKM merupakan mahasiswa aktif dan dapat juga dari prodi yang berbeda.
“Peserta PKM adalah kelompok mahasiswa aktif S-1 dan diploma yang terdaftar di PD-Dikti dan mahasiswa yang mengikuti PKM, boleh dari prodi yang berbeda ataupun sama,” jelas Arik. Adapun tahapan PKM yang perlu diperhatikan yaitu mulai dari rancangan, persiapan, penyusunan proposal, unggah, evaluasi sampai dengan pengumuman pendanaan semuanya harus memperhatikan.
Sementara itu, Madinatul Munawaroh menyampaikan tentang cara menulis PKM yang baik. Menurutnya menulis PKM harus didasarkan pada ide dan gagasan yang solutif. Selain itu, tentu harus mengikuti ketentuan atau pedoman PKM. “Ide dan gagasan dalam PKM yang kita buat, harus menarik, kreatif, dan solutif,” tuturnya.
Ia mengatakan ada beberapa cara yang bisa diperhatikan agar bisa mendapat pendanaan dan PIMNAS, di antaranya memperkuat konsultasi dengan dosen pembimbing sampai dengan penyususnan batas akhir pembuatan proposal dan terus berdoa. “Lebih intens lagi dalam berkonsultasi dengan pembimbing, koordinasi tim yang solid, menyusun deadline penyelesaian proposal, serta tak lupa untuk selalu berdoa,” tuturnya. (Madina/zam)