03 September 2021


Unesa.ac.id, Surabaya - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan SEAMEO Regional Centre for Technical Education Development (SEAMEO TED) menjalin kesepakatan bersama. Bentuk kesepakatan itu tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) pada Kamis, (02/09).
Penandanganan dilakukan secara virtual yang dihadiri oleh Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Dr. Sujarwanto, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama., dan Drs. Martadi, M.Sn., Direktur Program Vokasi serta Dr. Songheang Ai Direktur SEAMEO TED, Dr. Ith Vuthy Direktur Program, dan jajaran pejabat dari SEAMEO TED.
Dalam sambutannya, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menjelaskan bahwa perguruan tinggi tidak boleh dibatasi dalam rutinitas internal tetapi harus bekerja sama dengan pihak lain. “Unesa telah menjalin kerja sama dengan berbagai universitas nasional dan internasional untuk memberikan kontribusi yang nyata dan berdampak kepada masyarakat,” ujarnya.
Pada kesempatan itu pula, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menaruh harapan atas berbagai macam kerja sama yang dapat diimplementasikan secara bersama-sama. “Hari ini, dengan penandatanganan MoU ini, Unesa berharap dapat memperluas kemitraan dengan SEAMEO TED untuk memajukan penelitian bersama, publikasi, dan pengabdian masyarakat dalam pendidikan teknis,” ungkap Rektor Unesa.
SEAMEO TED dalam hal ini diwakili oleh Dr. Songheang Ai, menjelaskan enam bentuk kerja sama yang dilakukan oleh SEAMEO TED. “Pertama, berkolaborasi dalam melaksanakan program pelatihan regional, kegiatan akademik dan budaya untuk para instruktur, para direktur sekolah, dan siswa dalam ilmu terapan dan pendidikan kejuruan. Kedua, bekerja sama dalam melakukan proyek penelitian dan publikasi regional. Ketiga, bekerja sama dalam melaksanakan program pengabdian masyarakat daerah. Keempat, berkolaborasi dalam melakukan workshop atau konferensi tentang pengembangan pendidikan teknis dan vokasi. Kelima, bekerja sama dalam program pengajaran bahasa. Keenam, memfalisitasi kegiatan keterlibatan dan pengembangan siswa dan guru,” jelas Direktur SEAMEO TED.
Songheang Ai juga berharap, bentuk kerja sama ini dapat terealisasi dengan baik serta mampu meningkatkan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara, “Sesuai dengan pencapaian Unesa dalam bidang sains, olahraga, dan teknologi, saya berharap kerja sama ini mampu berkembang dan meningkat ke aktivitas kawasan Asia Tenggara demi kemakmuran regional,” harap Songheang Ai. (est/vin)