02 September 2021


Unesa.ac.id, Surabaya – Guna memberantas penyalahgunaan narkotika di lingkungan perguruan tinggi, Satuan Mitigasi Crisis Center (SMCC) Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa timur menggelar Tes Urine kepada 160 orang. Acara ini digelar pada Kamis, (2/9) di Gedung LP3 Unesa kampus Lidah Wetan Surabaya.
Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si., selaku ketua SMCC mengungkapkan bahwa tes urine yang dilaksanakan kali ini ditujukan untuk tingkat pimpinan, mulai dari Rektor hingga Kaprodi, bahkan juga ketua BEM. Diana juga menjelaskan bahwa terselenggaranya kegiatan tes urine ini, dalam rangka program aksi nasional pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. “Jadi sebenarnya tujuannya untuk menciptakan ASN yang bersih, yang sehat dan bertanggung jawab” lanjutnya.
Lebih lanjut, ketua SMCC tersebut juga menjelaskan acara ini sebagai bukti bahwa Unesa mendukung terciptanya kampus bebas narkoba. Dalam penjelasannya, diana berharap seluruh jajaran pimpinan bersih dari narkoba.
Sementara itu Rektor Unesa Prof.Dr. Nurhasan mengatakan kegiatan ini untuk memberikan edukasi sekaligus contoh bagi masyarakat, bahwa pemberantasan narkoba tetap perlu mendapat perhatian khusus di era pandemi seperti saat ini,” ungkap Cak Hasan, panggilan akrab Rektor. Pihaknya juga mengingatkan bahwa jangan sampai karena pandemi, dapat mengalihkan perhatian terhadap pentingnya pemberantasan Narkoba. Prof. Dr. Nurhasan, M. berpesan kepada para civitas akademika Unesa untuk menjauhi narkoba, karena narkoba dapat membahayakan kita semua. (has/vin)