05 June 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Dalam rangka mendorong peningkatan kompetensi dan prestasi mahasiswa, Unesa Career Center (UCC) mengadakan Sosialisasi Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) tahun 2021, Jumat (04/06/2021). Sosialisasi tersebut berlangsung secara daring yang dapat disaksikan melalui Youtube channel, Unesa Career Center.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini kegiatan KBMK mengangkat tema "Inovasi Anak Bangsa untuk Menghapus Kemiskinan serta Pemberdayaan Potensi Ekosistem Energi Bersih dan Terjangkau pada Konteks Persiapan Era Pasca Covid 19 dalam Kerangka Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan".
Khusnul Fikriyah, S.E, M. SEI., Dosen Ekonomi Islam FEB Unesa ini menjelaskan panduan-panduan dalam mengikuti KBMK. Ia menyebutkan, ketentuan umum yang harus diperhatikan mahasiswa di antaranya jumlah peserta terdiri dari 2-3 mahasiswa aktif yang terdaftar di PD-DIKTI. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti satu kategori kompetisi.
Setiap Perguruan Tinggi maksimal mengirimkan delapan kelompok mahasiswa untuk seluruh kategori kompetisi, dan ketua kelompok harus berasal dari prodi bisnis, ekonomi, manajemen atau akuntansi, sedangkan anggota kelompok bisa dari berbeda jurusan atau fakultas. "Meskipun demikian, saya berharap mahasiswa Unesa yang mengikuti KBMK ini, nantinya dapat berkolaborasi dari berbagai lintas bidang ilmu," ujarnya.
Ia juga menambahkan, pendaftaran untuk seleksi internal dapat dilakukan mulai tanggal 7 hingga 29 Juni 2021. Sementara peserta yang terpilih sebagai finalis dalam kompetisi tingkat nasional dan dosen pembimbing wajib menghadiri babak final KBMK pada tanggal 17-19 September 2021.
Sementara itu, R. A. Sista Paramitha, S. E., M. Si., Direktur Utama Galeri Investasi BEI Unesa menyampaikan materi dari salah satu kategori kompetisi yakni Kompetisi Riset Investasi. Lebih lanjut dosen S1 Manajemen FEB Unesa itu menjelaskan beberapa hal yang perlu dipersiapkan mahasiswa dalam kategori lomba ini, yakni menyiapkan makalah dan video yang dilengkapi teks terjemahan Bahasa Inggris, laporan riset emiten PT Itama Rayonara tbk, rekomendasi saham berdasarkan lingkup nasional, ASEAN hingga Asia Pasifik. "Mahasiswa dapat mencari berbagai informasi perusahaan serta laporan keuangannya, kemudian dilanjutkan analisis dengan standar ketentuan CFA,” tambahnya.
Dalam kesempatan itu pula, turut hadir Juara KBMI Tahun 2020, Intan Sari Kullah yang membagikan pengalamannya dalam merintis usaha kerupuk Assed hingga lolos didanai KBMI dan menang diberbagai kompetisi wirausaha. Mahasiswa S1 Manajemen Unesa ini berhasil mengolah biji trembesi menjadi olahan kerupuk yang inovatif. Ke depannya ia dan rekan satu timnya berharap usaha yang dirintisnya dapat eksis hingga ke mancanegara. (meds)