24 March 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Jajaran pimpinan Universitas Negeri Surabaya mendapat suntikan vaksin Covid-19 untuk tahap pertama pada Selasa (23/03/2021). Vaksinasi dilakukan di Universitas Ciputra. Total ada sekitar 102 civitas academika Unesa yang mendapat jatah vaksin, termasuk Rektor dan para wakil Rektor.
Rombongan Unesa bertolak dari Rektorat menuju tempat vaksinasi sekitar pukul 08.00 WIB. Tiba di lokasi, Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., beserta jajaran pimpinan lainnya langsung disambut oleh Rektor Universitas Ciputra, Ir. Yohannes Somawihardja, M.Sc., beserta jajarannya.
Pada kesempatan itu, pimpinan dua kampus tersebut berbincang-bincang tentang lingkungan kampus dan program vaksinasi. Sebagai apresiasi atas pertemuan dalam program vaksinasi itu, Rektor Unesa menyerahkan bingkisan berupa jaket kebanggaan Unesa kepada Rektor UC dan langsung dipakai Yohannes Somawihardja pada saat itu juga. Setelah itu dilanjutkan foto bersama. Lalu, Rektor beserta jajarannya menuju ke ruangan vaksinasi.
Nurhasan mengatakan bahwa program vaksinasi tersebut merupakan keharusan di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Menurutnya, vaksin menjadi upaya penting dalam menangani dan mengakhiri gelombang penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.
Pria yang disapa Cak Hasan itu percaya bahwa keberhasilan penanganan Covid-19 terletak pada tiga kunci utama. Pertama, disiplin menerapkan protokol kesehatan, 3M serta perilaku hidup bersih dan sehat. Kedua, maksimalisasi testing, tracing dan treatment atau yang disebut 3T. Tembok pertahanan ketiga adalah vaksin.
“Dengan kesadaran dan kepatuhan kita bersama menjalankan prokes dan vaksin, kita optimis pandemi segera berakhir di negeri ini,” ujarnya. “Semoga kita semua, keluarga dan orang terdekat kita diberikan kesehatan dan keselamatan serta mampu menjadi yang bermanfaat bagi sesama,” lanjutnya.
Mengenai vaksinasi tahap kedua, Unesa sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota. “Rencananya akan dilakukan lagi pada awal atau pertengahan April mendatang,” imbuh Nurhasan. “Dengan suntikan vaksin ini, saya berharap civitas academika Unesa tetap sehat, imun terjaga, dan siap menjalani tugas mengabdi untuk negeri,” pungkasnya. (Humas Unesa)