30 September 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Sering kali kita mengalami kelelahan saat menunggu datangnya alat transportasi di tempat umum, terlebih pada saat pandemic seperti ini. Kewajiban menjaga protocol kesehatan dengan cara berjaga jarak belum diimbangi dengan bertambahnya tempat duduk di tempat umum. Hal tersebut mengakibatkan banyak orang yang menunggu transportasi umum seperti di halte, terminal dan stasiun mengalami kelelahan akibat terbatasnya tempat duduk. Berdasarkan hal tersebut, Tim PKM-K Universitas Negeri Surabaya memberikan solusi dengan terciptanya produk berjudul“TRAVELLER’S SOFA BAG (TRAFA BAG)”.
Tim PKM-K yang diketuai oleh Yuly Rizki Krismayanti dari Pendidikan Sains berhasil menghasilkan produk yang solutif untuk mengatasi permasalahan terbatasnya tempat duduk di tempat umum. Produk ini sangat unik karena dilengkapi dengan sofa udara yang dapat diaplikasikan di berbagai tempat. Selain menambah fungsi tas sebagai tempat duduk, Tim PKM-K yang beranggotakan Salsabila Septiara, Diki Firmanzah, Moch Isnudin dan Adam Fajar Al Asy’ari memberikan desain tas yang sangat unik yakni dengan mengusung Batik Papua.
Produk ini mengusung konsep Batik Papua bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Papua, khususnya batik kepada masyarakat luas. Produk yang sangat unik ini dibandrol dengan harga Rp 249.000. ProdukTrafa bag tersedia di Instagram (Trafa_Bag), Shopee (Trafa Bag) dan Tokopedia (Trafa Bag Unesa). (Tim PKM-K/Humas)