25 February 2020


Unesa.ac.id-Surabaya,Koperasi memiliki peran penting dalam pemerataan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Seminar nasional dengan tema Integrasi Pengembangan Creativepreneur Koperasi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 menjadi salah satu bentuk mengembangkan dan memajukan koperasi di kalangan mahasiswa. Acara ini diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa Unesa pada Sabtu (22/2) di Gedung G2 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Acara ini dihadiri oleh Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si. (Pembina Koperasi Mahasiswa Unesa), Ir. Luhur Pradjarto, MM (Staff Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga) , Dr. HM. Luqman Al Hakim, SH. MM, M. Hum. CPHR (Ketua Komite Hukum dan Perundang-undangan), Drs. Achmad Basuki, M.Si (Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi Jawa Timur), Hafshoh N. W. Mubarak (Ketua Surabaya Creative Network) serta dan Drs. Achmad Baisuki, M.Si.(Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur).
“Perlu adanya peran koperasi mahasiswa terhadap pengembangan koperasi yang cukup signifikan. Tujuan adanya peran koperasi mahasiswa, dikarenakan mahasiswa adalah bagian dari generasi emas bangsa yang akan ikut serta memajukan koperasi pada khususnya dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki dalam setiap diri” jelasLuqman. Dalam hal ini, perlunya perubahan pola pikir mahasiswa yang beranggapan bahwa koperasi hanya sebagai tempat untuk simpan pinjam. Luhur menjelaskan, bahwa Koperasi bukan hanya sebagai tempat simpan pinjam saja, melainkan juga sebagai pusat perkembangan ekonomi. Sekarang, modernisasi koperasi harus segera dilaksanakan. Agar koperasi dapat saling bekerjasama untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.
Seminar ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan peran koperasi mahasiswa dalam keikutsertaan mengembangkan koperasi dan pengembangan diri menjadi creativepreneur di Era Revolusi Industri 4.0. Selain itu, acara ini juga hadir sebagai perayaan ulang tahun kopma unesa yang ke- 39. Dimas Prasetyo, salah satu dari 250 peserta yang hadir dalam seminar ini menuturkan bahwa banyak ilmu yang bisa ia dapatkan melalui seminar ini, terutama mengenai koperasi dan creativepreneur.”mahasiswa harus memiliki idealisme, jangan patah semangat, anak kopma adalah anak milenial, mahasiswa penuh kreatif penuh komitmen. Usia kopma tidak muda lagi, titip dan jaga jati diri koperasi serta berkontribusi untuk negeri.” Tutup Mariana, S.Pd., M.Ak selaku moderator dalam acara tersebut. (Madina/Hasna)