27 January 2020


Unesa.ac.id, Magetan – Dalam rangka mengembangkan jejaring, ikatan kerja sama baik secara akademik dan non akademik yang saling bermanfaat serta untuk memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, Unesa melaksanakan kunjungan ke Pemerintah Kabupten Magetan, Sabtu (25/1). Diselenggarakan di Pendopo Surya Graha, kegiatan yang berlangsung secara khidmat ini dihadiri oleh jajaran Pemkab Magetan dan pimpinan se-lingkung Unesa.
Dalam sambutannya, Prof. Nurhasan, M.Kes., menyampaikan selain untuk mempererat tali silahturahmi kegiatan ini juga untuk menyikapi MoU yang sudah disepakati bersama.
“Untuk itu harapannya bisa menjadikan awal kita untuk terus bersinergi dengan Kabupaten Magetan. Sehingga mampu saling berbagi pengalaman, kompetensi serta berkolaborasi antara unesa dan kabupaten magetan,” jelas Rektor Unesa.
Dr. Drs. H Suprawoto, S.H. M.Si selaku Bupati Magetan turut mengapresiasi langkah Unesa dalam merealisasikan kerja sama yang sudah terjalin. Ia percaya rekan-rekan dari Unesa ini adalah solusi dari permasalahan yang tengah dihadapi di kabupaten yang tengah ia pimpin.
“Banyak hal di beberapa sektor bisa kita jadikan sebagai ajang kerja sama, apalagi di era industri 4.0 seperti sekarang ini. Seperti kerja sama di bidang teknologi hasil pertanian, kemasan produk dan lain-lain,” terang Suprawoto.
Suprawoto juga menambahkan di zaman serba canggih ini, ia khawatir produk-produk unggulan dari Magetan yang mayoritas berupa anyaman bambu dan kulit ini akan tergerus oleh jaman.
“Permasalahan di kabupaten ini adalah produk buatan tangan yang dihasilkan masyarakat masih sama seperti capil, besek, kukusan. Produk-produk seperti itu saat ini sudah bisa digantikan dengan teknologi. Akhirnya masyarakat sudah tidak bisa produktif lagi,” imbuhnya.
Hal tersebut menjadi sorotan oleh pemkab Magetan untuk terus menjaga kearifanlokalnya agar tidak tergerus oleh zaman.
Di bidang pendidikan, Suprawoto juga sudah menginstruksikan CPNS yang sudah terpilih agar bisa melanjutkan pendidikan ke Unesa. Ia juga sudah menyampaikan gagasan ini kepada Direktur Pascasarjana Unesa, Dr. Edy Mintarto M.Kes., agar dibuatkan kelas khusus untuk rombongan mahasiswa dari Magetan.
“Saya juga sudah mewanti-wanti calon PNS yang baru kalau mau sekolah ke Unesa saja. Dan untuk tesis nya jangan yang terlalu berlebihan, cukup menyangkut tentang permasalahan di Magetan ini. Diharapkan nanti bisa menjadi agent of change pendidikan di Kabupaten Magetan,” ungkap Suprawoto.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan keunggulan Unesa yang disampaikan oleh Prof. Nurhasan. Rektor dalam hal ini menegaskan tiga keunggulan Unesa yang sangat bisa dimanfaatkan oleh Kabupaten Magetan dalam menjalin kerja sama ini.
“Di Unesa ada 3 keunggulan yang bisa kami tawarkan, yakni keunggulan di bidang olahraga, kesenian dan disabilitas,” papar rektor. Tak hanya rektor, Dekan se-lingkung Unesa yang turut hadir dalam kesempatan itu, tak lupa menyampaikan keunggulan fakultas serta solusi dari permasalahan yang ada di Kabupaten Magetan. (Suryo/why)