21 November 2019


Unesa.ac.id – Surabaya, Aplikasi program “Cettar” (Cepat, Efektif dan Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel, dan Responsif) hasil kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dengan Fakultas Teknik (FT) Unesa mendapat apresiasi positif, bahkan sosialisasi peluncuran aplikasi yang dilaksanakan di Gedung Gema Kampus Unesa Ketintang oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemprov Jatim ini diikuti lebih kurang 500 mahasiswa dan 20 dosen FT Unesa, (19/11).
Dalam kesempatan ini, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dedy Rahman Prehanto, S.Kom., M.Kom., menyampaikan jika FT secara khusus bersedia mengirimkan seluruh tenaga IT nya guna mendukung dan menviralkan program yang dicetuskan oleh Gubernur Jatim, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. Harapannya, dengan viralnya aplikasi “cettar” ini maka proses sosialisasi kepada masyarakat juga semakin cepat.
Menurut Ardo Sahak, aplikasi ini merupakan jembatan bagi masyarakat dan Pemprov Jatim terkait informasi dan pengaduan pelayanan publik. Selain itu, Wahid juga menuturkan jika aplikasi ini digunakan untuk menjawab revolusi industri 4.0 yang menuntut kita untuk mengikuti perkembangan teknologi yang serba canggih.
Selain dihadiri oleh Wahid Wahyudi, selaku Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, sekaligus mewakili Gubernur Jatim, dan Ardo Sahak, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jatim, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik, Drs. Edy Sulistyo, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Agus Wiyono,S.Pd.,M.T., serta Ketua Jurusan selingkung FT Unesa.
Sementara itu, Bambang mewakili pimpinan Unesa yang lain mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemprov Jatim atas kepercayaan yang diberikan kepada Unesa dalam proses penggarapan dan peluncuran aplikasi “cettar”. Ke depan, semoga aplikasi ini bisa menjadi alat yang ampuh demi mewujudkan pelayanan yang prima bagi masyarakat, khususnya yang bersinggungan langsung dengan Pemprov Jatim. (sh/ay)