20 September 2019



Unesa.ac.id, Surabaya - Mahasiswa angakatan 2016 Jurusan PLS FIP UNESA lakuka kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) Nasional di 11 tempat lembaga di Indonesia. Kuliah PKL ini sebagai wujud pengenalan dunia luar kampus yang dapat dijadikan bahan eksplorasi potensi dalam diri mahasiswa.
Kegiatan yang sudah delapan tahun berjalan ini terus bereksperimen terkait tempat mana saja yang layak untuk dijadikan kuliah PKL. Mata kuliah PKL ini merupakan mata kuliah praktikum penuh (full practice) sebagai aplikasi dari hasil belajar secara teoritik.
Untuk tahun ini terdapat 69 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah PKL. Mahasiswa ini telah menyebar kebeberapa instansi kepemerintahan diantaranya BPPAUD dan DIKMAS Surabaya, Bidang Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Jawa Timur, BPPAUD dan Dikmas Propinsi Bali, SKB Bantul Yogjakarta, SKB Salam Yogjakarta, PPPAUD dan DIKMAS Semarang, LKP Mahesa Kampung Inggris Pare Kediri, LKP Magistra Utama Kediri, PP PAUD dan Dikmas Bandung, serta PPSPA Bima Sakti Batu.
Diharapkan dengan dilaksanakan PKL Nasional ini setiap tahun, sebagai tempat promosi untuk jurusan PLS FIP UNESA dan alumni kepada stakeholder. Di samping itu kegiatan ini menjadi sumber wawasan mahasiswa terkait implementasi keilmuan di bidang kerja. (why)