07 September 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - HAPPENIC, Happen In Communication adalah salah satu rangkaian acara besar Ilmu Komunikasi (UNESA) (Universitas Negeri Surabaya) yang diadakan sebagai wadah prestasi mahasiswa komunikasi. Diadakan mulai tanggal 02 sampai 05 September 2019, acara yang dikomandoi oleh Aurel Rhafli Phazha sebagai ketua pelaksana telah berjalan meriah dan mendapat antusiasme tinggi dari para peserta.
Mengangkat tema Act In Digital Era, acara ini didatangi oleh berbagai narasumber yang ahli dibidangnya. Seperti M. Ali Ma’ruf yang didatangkan dari Mojok.co, Hasbi dari Jurnalis komik, Sito Fosy Biosa seorang international filmmakers, dan Mamuk Ismantoro founder Matanesia. Ke empatnya datang tidak hanya memberi materi, namun juga pengalaman bagi para peserta seminar Local Heroes. Bahkan, 3 diantaranya sempat menjadi juri dalam masing-masing mata lomba sesuai dengan bidang yang digelutinya.
Berjalan selama 4 hari, kegiatan Happenic ini tidak hanya menjadi wadah prestasi bagi peserta lomba namun juga menjadi ajang unjuk gigi komunitas-komunitas yang ada di Ilmu Komunikasi UNESA. Dimana, merekalah yang secara langsung memegang lomba sesuai spesifikasi komunitas mereka. Seperti PION (Public Relation Competition) yang dipegang oleh komunitas PR Apprentice, KETIK (Kompetisi Jurnalistik) yang di koordinatori oleh LPMKTM (Lembaga Pers Mahasiswa Kulit Tinta Mahasiswa), KISI (Kompetisi Sinematografi) yang dibawahi oleh KOPFI (Komunitas Pecinta Film Ilmu Komunikasi), dan FACTION (Fotografi Competition) yang dijalankan oleh Komunitas FIKSI (Fotografi Ilmu Komunikasi). Dua diantaranya yaitu KETIK dan FACTION adalah mata lomba baru yang diadakan oleh HAPPENIC tahun ini. Bukan hanya lomba yang diadakan, namun seminar kreatif dan inspiratif juga mengisi rangkaian acara ini.
Euforia HAPPENIC tidak lepas dari keterlibatan para peserta seminar dan antusiasme peserta lomba yang ada. Antusiasme peserta lomba dibuktikan adanya peserta terjauh yang berasal dari Banjarmasin yang rela datang agar bisa mengikuti keseluruhan dari acara Happenic di tahun 2019 ini.
Selain itu para pemateri pun turut merasakan euforia yang sama, hal ini dituturkan oleh Hasbi yang merupakan illustrator Jurnalis Komik yang sekaligus memberikan materi kepada peserta Local Heroes.
“Jujur ini pengalaman pertama saya dan tim datang ke Surabaya. Saya juga senang karena sambutan hangat masyarakat Surabaya terutama dalam acara HAPPENIC yang seru dan meriah ini”, tutur ilustrator muda itu.
Hal serupa juga di katakan oleh M. Ali Ma’ruf sebagai tanggapan positif darinya. Tidak hanya itu, penulis buku Perihal Cinta, Kita Semua Pemula ini, juga memberikan berbagai saran kepada panitia untuk kemajuan HAPPENIC kedepannya. Suasana kekeluargaan yang terjalin antara panitia dan narasumber inilah yang semakin mendorong keberhasilan acara HAPPENIC tahun ini. (Tim Humas)