14 November 2018


Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun 2018 wilayah Jawa Timur telah usai digelar. Sesuai dengan pengumuman panitia seleksi pengadaan CPNS Kemenristekdikti, nomor 4791/A.A2/KP/2018, yang ditetapkan tanggal 2 November, pelaksanaan tes SKD untuk wilayah Jawa Timur dilaksanakan sejak tanggal 10 s.d. 12 November 2018. Lokasi pelaksanaan tes di The Empire Palace Hotel, Surabaya.
Menurut Suprapto, S.Pd., M.T., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unesa yang juga selaku Koordinator pelaksanaan SKD CPNS Kemenristekdikti wilayah Jawa Timur, dari sekian banyak yang mengikuti tes SKD CPNS Kemenristekdikti, sekitar lebih kurang 700 orang mendaftar untuk formasi yang disediakan di Unesa. Dari jumlah tersebut, Unesa menyediakan kuota sebanyak 108 orang yang nantinya bisa melanjutkan pada tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di fakultas tempat mereka mendaftar, sebelum nantinya akan diambil berdasarkan jumlah formasi yang sudah ditetapkan.
Suprapto berharap, dengan kuota yang disediakan tersebut nantinya setiap Perguruan Tinggi bisa menjaring calon yang benar-benar mumpuni dalam bidangnya. “Kedepan bisa lebih baik, kita bisa menjaring benar-benar calon yang qualified, sehingga bisa mengembangkan lembaga instansi masing-masing,” ujarnya. Sementara untuk kuota yang disediakan di Unesa, Suprapto menyampaikan bahwa dirinya sangat berharap kuota tersebut bisa ditambah di tahun depan, mengingat Unesa memiliki banyak jurusan yang tentunya membutuhkan banyak dosen.
Chalifatus Sahliyah, M.Pd., salah satu peserta tes mengaku kalau tes yang dilaksanakan kali ini lebih berat, karena passing grade yang tinggi. Dia berharap, semoga tahun depan pihak BKN bisa menurunkan passing grade nya serta bisa menambah kuota. (ay/sh)