13 September 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan Kuliah Tamu Praktisi Jurnalistik yang dihadiri redaktur media pada Selasa, 13 September 2022 di Auditorium Lantai 4 Gedung T14, Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
Kuliah tamu dengan tema "Jurus Praktis Menulis Jurnalistik di Citizen Reporter Surya" diikuti sekitar 90 mahasiswa JBSI serta sejumlah mahasiswa Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).
Dosen pengampu mata kuliah Jurnalistik, Dr. Fafi Inayatillah, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi bekal penting bagi mahasiswa dalam menjajaki dunia jurnalistik dan bagaimana menghasilkan produk jurnalistik yang bagus sesuai karakteristik rubrik, media maupun pembaca.
Adapun pemateri yang hadir yaitu Redaktur Harian Surya, Dr. Endah Imawati, M. Pd. Dia menyampaikan, reportase adalah perjalanan yang harus benar-benar dilakukan, melihat dan merasakan. reportase merupakan sesuatu yang paling sederhana, alamiah, dan membuat berbagai sudut pandang.
Reportase tidak rumit. Ia sesederhana percakapan yang terjadi sehari-hari. Nilai peristiwa tergantung dari bagaimana proses reportase yang dilakukan. Reportase bergantung pada isu atau peristiwa yang terjadi. “Nilai peristiwa bisa saja menarik dan bisa saja tidak, ini tergantung reporternya yang mengambil sudut pandang atau angle,” ucapnya.
Perempuan yang juga pernah menjadi redaktur tabloid ini menambahkan. Inti dari reportase adalah mengumpulkan data dan informasi dari suatu peristiwa yang sebanyak-banyaknya. Itu kemudian diolah atau dikemas dalam berbagai sudut pandang. Tentu tidak sembarang data dan informasi tetapi yang hangat atau yang jadi perhatian publik.
Berita, lanjutnya, harus memenuhi kualifikasi tertentu seperti harus menarik, aktual, penting, kedekatan, mendidik, menghibur, informatif, kontrol sosial, dan human interest (kemanusiaan).
Pada sesi tanya jawab, banyak peserta yang bertanya soal produk jurnalistik dan bagaimana menulis ala jurnalis. Kegiatan berjalan lancar dan diharapkan bisa memantik motivasi siswa dalam mengembangkan minat dan bakat dalam dunia jurnalistik. [HUMAS UNESA]
Penulis: Hiline
Editor: @zam Alasiah*