05 February 2024


Unesa.ac.id, Bojonegoro - Universitas Negeri Surabaya melalui Direktorat Humas dan Informasi Publik memberikan sosialisasi perguruan tinggi kepada para siswa SMA se-Bojonegero bertempat di aula SMAN 3 Bojonegoro, pada Sabtu 3 Februari 2024.
Acara sosialisasi dan promosi tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan tryout dan workshop yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Surabaya (UNESA).
Sebelum memaparkan tentang UNESA, Mubasyir Aidi, S.Pd, yang mewakili Direktorat Humas dan Informasi publik memberikan semangat untuk memotivasi belajar para siswa. Dia mengatakan bahwa motivasi belajar itu harus senantiasa terus dimunculkan pada diri sendiri. “Belajar atau menuntut ilmu itu, dimulai dari buaian hingga ke liang lahat,” ungkapnya mengutip salah satu maqolah arab.
Lebih lanjut, pria kelahiran Lamongan itu menegaskan bahwa ada kedudukan mulia bagi orang-orang yang memiliki ilmu. Orang yang memiliki ilmu, ungkapnya, akan mendapatkan derajat yang tinggi. “..Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat,” ungkapnya.
Di hadapan para siswa SMA yang berjumlah 250 itu, pria yang akrab dipanggil Basyir itu mengajak kepada para siswa agar tidak ragu menjadikan Unesa sebagai pilihan melanjutkan ke perguruan tinggi. Bukan tanpa sebab, karena Unesa terbukti memiliki akreditasi unggul, ditunjang dosen profesional, dan memiki berbagai fasilitas serta sarana prasarana yang luar biasa. “Unesa punya 773 dosen bergelar magister, 444 doktor, dan 111profesor,” tandasnya.
Selain itu, berbagai pilihan program studi juga disediakan oleh kampus berjargon satu langkah di depan itu. Unesa terdiri dari 68 program studi S1,10 program studi vokasi, 24 program S-2, dan 11 program S-3 yang tersebar di 9 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana. “Sebagian besar program studi mendapatkan akreditasi unggul dan bahkan sudah terakreditasi internasional,” bebernya.
Di akhir presentasi, Basyir kembali memberikan suntikan semangat kepada para siswa untuk tekun belajar agar bisa masuk ke program studi di Unesa yang sesuai pilihan dan passion untuk mengapai cita-cita yang diimpikan.
Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegero (FKMB) Unesa, Sofyan Khofid Ardhani mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memantik daya siswa agar melanjutkan pendidikan ke perguran tinggi. “Banyak daerah yang masih minim melanjutkan ke perguruan tinggi, terutama di Bojonegero bagian barat,” ungkap mahasiswa prodi S-1 Pendidikan Geografi itu.
Dia berharap melalui suntikan motivasi dan sosialisasi ini, para siswa Bojonegoro semakin bersemangat untuk meningkatkan daya saing dalam meraih perguruan tinggi negeri yang diinginkan, khusunya di Unesa. “Semoga siswa yang ada di Bojonegoro banyak yang diterima di perguruan tinggi negeri, utamanya di Unesa,” sambungnya.
Sementara itu, salah satu peserta tryout dan workshop, Ibrahim Muhammad Aziz Salam mengaku tertarik dengan kegiatan tersebut. Siswa SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan itu menjadi lebih tahu tentang Unesa, prodi-prodi, dan prospek lulusan. Siswa yang akrab dipanggil Ibrahim itu, bahkan sangat tertarik bisa masuk di Unesa Fakultas Keolahragaan dan Kesehatan. “Saya suka olahraga sejak kecil. Punya protofolio. Semoga nanti bisa diterima di Pendidikan Olahraga,” harapnya. @sir