04 April 2024


Joo Miseo (tiga dari kanan) dan mahasiswa BIPA asal Korea Selatan (Korsel) lainnya menyiapkan menu buka bersama jajaran bidang 4 Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
Unesa.ac.id, SURABAYA–Empat mahasiswa program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) ikut menyiapkan menu buka bersama di halaman depan gerbang utama Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya, pada Rabu, 3 April 2024.
Keempatnya merupakan mahasiswa asal asal Korea Selatan (Korsel) dari 11 mahasiswa BIPA yang terlibat dalam kegiatan bukber tersebut. Mereka tampak antusias menyajikan makanan dan minuman bersama panitia lalu satu persatu membagikannya kepada mahasiswa dan warga.
Joo Miseo, salah satu mahasiswa BIPA dari Korsel mengaku terkejut dan kagum melihat kebersamaan mahasiswa dan masyarakat dalam agenda bukber tersebut. Itu merupakan pengalaman menarik, karena kali pertama dilihatnya di Indonesia.
Keseruan mahasiswa UNESA, ada yang main kartu (uno), buat story medsos, diskusi tentang liburan, ngobrol bareng teman sambil menunggu jadwal buka bareng di depan halaman gerbang utama Kampus 2 Lidah Wetan.
"Sangat ramai sekali, saya lihat ada kebersamaan dan keseruan disini. Orang-orang yang datang juga happy. Ini pengalaman luar biasa bagi saya di sini," ucapnya dalam bahasa Indonesia yang masih terbata-bata.
Ernyta Dwi Agustin, mahasiswa program studi (Prodi) S-1 Ilmu Komunikasi menceritakan selama mengikuti bukber di UNESA. Dia menyebut, selain bisa menikmati buka gratis, juga bisa bertemu teman-teman lainnya.
Pengambilan menu buka bersama civitas academica dan warga sekitar di Universitas Negeri Surabaya
"Paling penting lagi ini bisa menjadi bagian dari cerita kami di UNESA yang tak terlupakan ke depan. Momen seperti menjadi kesan dan cerita tersendirilah bagi kami," ucapnya.
Erma, warga sekitar yang hadir dengan kedua buah hatinya merasa senang ikut bukber di UNESA. Selain karena kebersamaannya, juga karena suasana kehangatan dan vibenya yang diiringi musik.
"Anak-anak juga senang kalau rame-rame begini. Apalagi di sini termasuk komplit, selain makanan ada minuman dan takjil. Bisa santai sambil menikmati sore," ucapnya.[]
***
Reporter: Mochammad Ja'far Sodiq (FIP)/Muhammad Dian Purnama (FMIPA)
Editor: @zam* (FIP)
Foto: Dokumentasi Tim Humas