21 March 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan kegiatan ‘Persamaan Persepsi dan Tes Seleksi Calon Asesor BKD Tahun 2022’ pada Jumat (18/03/2022) di Gedung LP3M Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
Acara ini dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Agus Hariyanto, M.Kes., dan dihadiri seluruh dekan, wakil dekan, ketua lembaga, ketua biro, direktur, wakil direktur, ketua jurusan, ketua prodi, ketua laboratorium, para guru besar, dosen asesor, serta para dosen calon asesor selingkung UNESA.
Dr. Agus Hariyanto, M.Kes., menyampaikan bahwa asesor tahun ini berbeda dengan asesor dari tahun-tahun sebelumnya. Asesor kemarin hanya selingkung UNESA saja atau dengan teman-teman dosen sendiri. Namun, tahun ini bagi yang lulus menjadi asesor resmi menjadi asesor nasional untuk semua perguruan tinggi yang bermitra dengan UNESA.
“Mudah-mudahan dosen UNESA yang ikut semuanya lulus menjadi asesor nasional,” harapnya.
Acara refreshment BKD dan Rekrutmen para asesor baru dipimpin Prof. Dr. Sarmini, M.Hum. Acara ini merupakan implementasi Kepdirjendikti Nomor 12/2021 tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen (PO-BKD) yang di dalamnya mensyaratkan bahwa asesor dan calon asesor mengikuti persamaan persepsi tentang PO BKD dan sekaligus mengikuti tes latihan.
Kegiatan ini bukan hanya sekedar agar bisa lulus menjadi asesor BKD, tetapi lebih kepada bagaimana peserta bisa memahami tugas dan tanggung jawab asesor serta tahapan-tahapannya.
Kepala Biro Umum dan Keuangan (BUK) UNESA, Dr. Sulaksono, S.H., M.H., menjelaskan, ada hal menarik di masa transisi UNESA menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) di mana ada wacana bahwa per 1 Juli 2022 nanti semua lektor kepala akan disentralisasikan. “Ini menjadi kesempatan yang baik bagi dosen UNESA untuk menjadi asesor nasional,” ujarnya. [Humas UNESA]
penulis : Fiona
editor : @zam*