23 February 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) merupakan fakultas yang hadir bersamaan dengan berdirinya IKIP Surabaya atau UNESA pada 1964. Fakultas yang berlokasi di Kampus Lidah Wetan, Surabaya itu terus bertransformasi dan membuktikan diri sebagai bagian penting dari upaya UNESA melahirkan para guru bangsa.
FIP terus mengambil peran penting dalam setiap program unggulan UNESA. Itu disampaikan Dekan FIP Dr. Mochamad Nursalim, M.Si dalam UNESA Virtual Campus Expo (UVCE), pada Selasa 22 Februari 2022. Dalam acara yang disiarkan secara langsung di kanal Youtube Official UNESA itu, dekan ditemani Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Wagino, M.Pd dan Sekretaris Jurusan Psikologi, Damajanti Kusuma Dewi, S.Psi,. M.Si.
Mochamad Nursalim menjelaskan bahwa FIP saat ini memiliki delapan program studi. Tujuh di antaranya prodi kependidikan dan satu prodi nonkependidikan. Prodi nonkependidikan yaitu, S-1 Psikologi. Sementara prodi kependidikan yaitu;Prodi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)Prodi S-1 Pendidikan Guru Anak Usia DiniProdi S-1 Pendidikan Luar Biasa (PLB)Prodi S-1 Pendidikan Luar Sekolah (PLS)Prodi S-1 Bimbingan dan Konseling (BK)Prodi S-1 Teknologi Pendidikan (TP)Prodi S-1 Manajemen Pendidikan (MP)Dia menambahkan, tahun 2020, FIP mendapat peringkat satu mahasiswa belajar luar prodi dengan 20 SKS pada Liga BLU. Sebelumnya, pada 2019, FIP mengadakan Studi Exchange di Faculty of Education Khon Kaen University (KKU), Thailand. Sebelum adanya program MBKM dari Kemendikbudristek, FIP sebenarnya telah melaksakan program pertukaran mahasiswa dengan mitra dalam dan luar negeri.
“Jadi di FIP tidak hanya pertukaran mahasiswa selingkup prodi maupun luar kampus dalam negeri, tetapi juga dengan kampus internasional. Kita mengirim 60 mahasiswa ke University of Human Development (UHD) Iraq dan sebaliknya kampus tersebut mengirimkan 40 mahasiswanya untuk belajar bersama kami di FIP,” terang Dr. Wagino, M.Pd.
FIP memiliki beberapa program unggulan, salah satunya program layanan disabilitas yang inovasinya dipamerkan hingga ke Dubai beberapa waktu lalu. Dari delapan prodi tersebut, semuanya termasuk prodi unggulan di UNESA. Namun, di antara itu, prodi dengan keketatan tertinggi yaitu S-1 Psikologi dan S-1 PGSD.
Damajanti Kusuma Dewi memaparkan bahwa, Prodi S-1 Psikologi memang menjadi prodi yang bersaing, jumlah peminatnya meningkat signifikan dari tahun ke tahun. Prodi Psikologi di UNESA memiliki beberapa peminatan; 1) Psikologi Industri dan Organisasi. 2) Psikologi Klinis. 3) Psikologi Sosial. 4) Psikologi Umum Eksperimen. 5) Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. [Humas UNESA]
Redaktur: Nadia Nafifin
Editor: @zam*