28 September 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Unit Kegiatan Paduan Suara dan Musik (UK-PSM) UNESA menggelar pertunjukan Musik Teras UK-PSM 2021 secara virtual pada Senin, 27 September 2021. Tema pada pertunjukan kali ini adalah ‘Tune of Memory’ sebagai upaya mengenang pengalaman atau ingatan masa lampau lewat berbagai lantunan nada.
Albrian Fiky Prakoso, S.Pd., M.Pd., Pembina UK-PSM mengapresiasi atas terselenggaranya pertunjukan musik virtual ini. Baginya, mengadakan kegiatan di masa pandemi Covid-19 dan segala keterbatasan merupakan hal yang luar biasa. “Tetap memilih terus berkarya dan selalu produktif di masa pandemi adalah langkah yang sangat positif dan semoga rangkaian kegiatan ini bermanfaat,” ucapnya.
Ia berharap, dengan semangat mahasiswa UK-PSM ini bisa terus berkontribusi untuk banyak orang, dan mengukir prestasi untuk kebanggan almamater UNESA. "Pertunjukan musik ini sekaligus sebagai hadiah terakhir untuk sahabat kita Mikhael Yedija yang berpulang mendahului kita. Karna itu, Musik Teras 2021 ini dilaksanakan tepat di hari kelahirannya," ujarnya.
Sebagai informasi, UK-PSM merupakan unit kegiatan mahasiswa yang dibentuk sejak tahun 1988. Awalnya UK-PSM ini dibentuk atas permintaan pihak rektorat untuk mengisi paduan suara pada hari besar nasional. Namun, seiring dengan banyaknya anggota yang menguasai alat musik, tercetuslah ide untuk menyatukan paduan suara dan musik menjadi satu kesatuan.
Hal ini tampak dari beberapa grub yang tampil perdana di channel Youtube UK-PSM UNESA 2021, di antaranya Perjaka Band, SoundBite, Techlow, Sleepwell, Swara Anggita Choir, dan Quintcircle. Mereka semua menampilkan karya sesuai dengan ciri khasnya masing-masing. Para talenta besutan UK-PSM UNESA dalam perjalanannya banyak menorehkan prestasi. Salah satunya, Swara Anggita Choir. Paduan suara terbaik UNESA itu berhasil meraih berbagai prestasi, terbaru yakni menduduki peringkat 1 Lomba Mini Choir Competition Festival W.R. Soepratman ke-V tahun 2020. (meds/zam)