27 September 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar wisuda gelombang tiga secara virtual pada Minggu (26/09/2021). Sebanyak 1.080 mahasiswa yang mengikuti prosesi wisuda tersebut. Rinciannya dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) ada 223 peserta, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) 165 peserta, dan Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) ada 189 peserta.
Kemudian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) luluskan 97 orang, Fakultas Teknik (FT) luluskan 94 orang, Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) ada 7 peserta, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) 257 peserta dan 48 peserta dari Pascasarjana.
Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes menyampaikan bahwa perubahan teknologi, informasi dan komunikasi melahirkan distrupsi di segala aspek kehidupan. Karena itu, lulusan harus mempersiapkan diri dan pandai beradaptasi.
Menurutnya, meski masa studi di kampus sudah berakhir, tetapi tugas belajar dan mengembangkan diri tidak pernah usai. Belajar adalah tugas sepanjang hayat. Salah satu tanda lulusan yang siap beradaptasi adalah yang selalu haus untuk terus belajar di manapun dan dengan siapapun.
“Dengan belajar terus menerus itu tidak hanya menguatkan ilmu, pengalaman dan keterampilan yang sudah ada, tetapi meningkatkan kapasitas diri dan menambah banyak pengalaman baru,” ujarnya. Paling penting lagi, lulusan UNESA harus bisa berkolaborasi. Semakin banyak jejaring, semakin terbuka pula peluang, pun semakin banyak inovasi yang bisa dihadirkan.
Rektor juga berpesan kepada para lulusan, agar ilmu dan skill yang dimiliki itu bisa digunakan untuk membawa manfaat dan memberi kontribusi untuk masyarakat sekitar. “Orang yang baik adalah yang bermanfaat bagi sesama,” pungkasnya.
Acara dilanjutkan dengan pembacaan nama para wisudawan oleh Dra. Ec. Ratih Pudjiastuti, M.S. Ia mengatakan bahwa jumlah seluruh wisudawan UNESA periode ini adalah 7.030 yang terbagi ke dalam beberapa gelombang wisuda.
Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan ijazah oleh dekan dan wakil direktur bidang kemahasiswaan, lalu pemberian ucapan selamat dari jajaran pimpinan kepada para wisudawan. Meski dilakukan secara virtual, prosesi wisuda berjalan khidmat dan lancar. Tampak para wisudawan didampingi oleh orang tua dan kerabat terdekat dengan rasa bangga dan suka cita.
Nama-nama wisudawan terbaik UNESA dibacakan oleh Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Akademik. Ada lima wisudawan terbaik UNESA gelombang ini, yaitu Anis Setianingsih, S.Pd dari S-1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis memiliki IPK 3,72.
Selanjutnya ada Millah Khoirul Mu’azah S.Pd dari S-1 Pendidikan Sains FMIPA dengan IPK 3,92. Lalu ada Zakiyyah Ul-Haqq juga dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis dengan IPK 3,76. Kemudian disusul Najmy Haqq Salim M.M dari Pascasarjana dengan IPK 3,89. Terakhir dari S-1 Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni, atas nama Krismonlia Mar’is Rahayu dengan IPK 3,85.
Atas prestasinya, para mahasiswa tersebut mendapat apresiasi berupa tabungan senilai Rp5 juta. Salah satu wisudawan terbaik, Millah Khoirul Mu’azah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran UNESA yang sudah mendidik dan membimbingnya hingga akhir. Pencapaian dan kesuksesannya itu, tidak lain atas bantuan dan dukungan semua pihak.
Apa rahasianya sehingga bisa jadi lulusan terbaik? Ia mengatakan bahwa itu dicapai lewat komitmen dan manajemen waktu yang baik. Menurutnya, organisasi itu penting untuk mengembangkan diri. Namun, akademik harus diprioritaskan agar bisa mendapatkan atau mempertahankan nilai. Ia berharap pencapaian itu bisa semakin memotivasinya ke depan dan bisa jadi motivasi juga buat yang lain.
“Tugas belajar saya belum selesai, tanggung jawab saya sebagai sarjana harus saya tunaikan untuk terus menjadi yang terbaik dalam memajukan pendidikan dan meninggkatkan kualitas SDM di tengah masyarakat,” tukasnya semangat. [Nabila/Zam]