26 September 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) UNESA menyelenggarakan webinar penelitian pada Sabtu, (25/09/21). Narasumber yang dihadirkan yakni Dosen PPKn PMP-KN FISH UNESA, Siti Maizul Habibah, S.Pd., MA. Pada kesempatan itu, ia membagikan tip menyusun artikel dan publikasi jurnal.
Pertama, yang perlu dilakukan yaitu, mahasiswa menyiapkan paper atau artikel yang disesuaikan dengan template. Template ini diperoleh dari jurnalyang akan di submite. Kemudian harus mengetahui dan menguasai tool pendeteksi plagiasi seperti Turnitin dan referensi otomatis seperti Mendeley. Kemudian perlu mengetahui aplikasi pendukung misalnya cek grammar bahasa Inggris yang benar di Grammarly.
Kedua, hal yang tidak boleh dilakukan, yakni plagiat. Mahasiswa dilarang keras memplagiat karya orang lain dan membuat template sendiri atau tidak mengikuti template publikasi jurnal yang dituju. “Jangan sekali-kali berniat untuk plagiat, sebab ini sangat fatal,” tegasnya.
Ketiga, memilih jurnal yang tepat dengan menelusuri jurnal yang sesuai dengan rumpun, kualifikasi, dampak ilmiah, hingga status akreditasi. Mahasiswa juga diharuskan memahami periode penerbitan jurnal sasaran. Selain itu, juga perlu memahami GFA (guideline for authors) sehingga mahasiswa lebih mudah dalam men-submite artikelnya. “Penting, kenali juga reputasi reviewernya,” tambahnya.
Keempat, setelah semua dilakukan, mahasiswa mengirim artikel ke jurnal sasaran. Proses ini berbeda-beda di setiap jurnal. Namun pada umumnya, pertama ada proses submitted artikel di jurnal dengan ketentuan mengisi data diri penulis. Selanjutnya, akan direview oleh reviewed jurnal dan diaccepted atau disetujui dan pada akhirnya dipublikasi. (Madina/zam)