09 August 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Sebagai bagian dari implementasi ‘Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka’ Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar acara pelepasan mahasiswa pengenalan lapangan persekolahan (PLP) 2021 pada Senin (09/08/2021). Acara bertema “Jadi Insan Cerdas Berkarakter” itu dihelat secara daring. Peserta kegiatan mengenakan dress code jas almamater UNESA.
PLP UNESA tahun ini mencangkup wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Jombang, Kediri dan Mojokerto. Acara tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unesa, serta penayangan video dari Satuan Mitigasi Crisis Center (SMCC) Unesa. Acara dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin Ahmad Bashri, SPd., M.Si., dan sambutan Ketua Pelaksana, Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd.
Dalam sambutannya, Muhamad Sholeh menyampaikan bahwa pelaksanaan pelepasan PLP diikuti sebanyak 2.983 mahasiswa. Pada pelaksanaan merdeka belajar pada tahun pertama ini penuh dengan tantangan dan hambatan yang dialami termasuk karena pandemi. Oleh sebab itu, ia menyampaikan kepada pimpinan jurusan hingga fakultas untuk lebih sabar dalam berkoordinasi dan menghadapi mahasiswa.
Respons mahasiswa terhadap program baru tersebut, lanjutnya sangat baik dan disambut dengan suka cita. “Semoga kita terus mengawal MBKM sampai pada terciptanya tujuan merdeka belajar di Unesa,” harapnya.
Acara dilajutkan dengan sambutan perwakilan wilayah PLP oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gresik, Dr. Hariyanto, M.Pd. Dalam sambutannya, Hariyanto berterima kasih karena menjadi salah satu wilayah untuk PLP mahasiswa. “Semoga kehadiran adek-adek mahasiswa di lembaga Kabupaten Gresik ini, bisa memberikan kontribusi dan inovasi yang terbaik bagi kemajuan pendidikan di Gresik,” harapnya.
Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes selaku Rektor Unesa memberikan sambutan sekaligus membuka dan melepas mahasiswa PLP tahun 2021 mengatakan bahwa program tersebut bisa mendorong produktivitas dan kreativitas mahasiswa serta meningkatkan kualitas sekolah dan lembaga mitra. “Ini luar biasa, kita bisa produktif. Jika kita beradaptasi maka kita menang, apalagi sudah di era 4.0 yang diharuskan beradaptasi dengan keadaan plus di masa pandemi Covid-19,” tuturnya.
Dalam melaksanakan PLP, rektor berpesan kepada peserta untuk patuh pada prokes dan tetap menjaga imun dan iman. “Saya ucapkan selamat menjalankan PLP. Saya harap, mahasiswa dapat memberikan peran khusus kepada siswa maupun sekolah,” ucap Nurhasan. (Madina/zam)