23 November 2020


Unesa.ac.id, Surabaya- Hari ini (23/11), Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., turut hadir dalam Pembukaan Pelatihan dan Uji Kompetensi Dosen yang dilaksanakan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim. Selain Prof. Nurhasan, Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto, serta Direktur Kadin Institute Jatim, Nurul juga turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Kadin Jatim, Graha Family. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari kerja sama Unesa dan Kadin Jatim dalam mencetak SDM yang berkualitas.
Dalam sambutannya, Cak Hasan (panggilan akrab Prof. Nurhasan) menyampaikan, kegiatan pelatihan semacam ini sangat diperlukan, khususnya untuk memberikan bekal bagi dosen-dosen dalam memberikan pengajaran kepada mahasiswanya. “Peningkatan kompetensi para dosen, para guru itu wajib,” tuturnya.
Cak Hasan juga menegaskan jika perguruan tinggi erat kaitannya dengan riset. Oleh karena itu, harus ada perhatian khusus di bidang riset. Diperlukan upaya-upaya untuk menghasilkan riset-riset berkualitas guna memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa. “Untuk mengembangkan riset ke depan, maka kita harus satu langkah di depan daripada perguruan tinggi lain,” ujar Cak Hasan.
Cak Hasan juga menegaskan pentingnya upgrading kompetensi yang dimiliki stakeholder. Tujuannya adalah untuk menghasilkan dosen dan pengajar yang berkualitas dan dinilai pantas terlibat dalam pelatihan-pelatihan semacam ini. Oleh karena itu, Cak Hasan senantiasa mendukung dan memotivasi dosen Unesa agar mampu memantaskan diri menjadi bagian dari pencetak SDM yang berkualitas, yang mampu memberikan kontribusi-kontribusi positifnya dalam kemajuan bangsa. “Semoga melalui pelatihan semacam ini, kita bisa bersama bangkit dan menuju Indonesia yang lebih baik,” pungkas Cak Hasan. (ay)