08 October 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Memberikan wadah dalam menuangkan bakat dalam dunia seni khususnya untuk generasi muda menjadi salah satu tujuan Fakultas Bahasa dan Seni Unesa dalam mencari bakat-bakat dikalangan sekolah menengah dan mahasiswa. Untuk itu FBS menggelar Sketch Drawing Competition yang merupakan menggambar Ilustrasi yang diadakan oleh Jurusan Seni Rupa dan Jurusan Desain Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Sponsor ternama PT Faber Castell Internasional Indonesia (FCII). Tema lomba kali ini adalah “My Super Hero” yakni visualisasi seorang tokoh/pahlawan imajinatif yang memberikan manfaat bagi orang lain.
Bertempat di Gedung Seni dan Desin FBS, peserta Lomba ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu kategori SMP sebanyak 119 peserta, kategori SMA sebanyak 254 peserta, dan kategori mahasiswa sebanyak 219 peserta. Jadi total peserta lomba menggambar ini adalah 592 peserta
Kegiatan yang dilaksanakan Minggu, 6 Oktober 2019 ini tujuan utama adalah untuk meningkatkan kreativitas para generasi muda khususnya siswa SMP dan SMA serta mahasiswa dalam mengimajinasikan karakter tokoh/pahlawan dengan mengangkat kearifan lokal Indonesia.
Menurut Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Trisakti, M.Si., dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan muncul karya-karya ilustrasi terbaik dan kreatif yang dihasilkan dari polesan para peserta. “Saya sangat kagum dan antusiasme peserta yang hampir mencapai 600 ini. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memupuk dan mengembangkat bakat peserta dalam dunia seni,” ungkap Dr. Trisakti.
Saat sesi akhir Dr. Trisaksti berpesan untuk seluruh peserta agar terus meningkatkan ketekunan dalam belajar. “Karena dengan ketekunan dan terus belajar maka akan dapat mencapai hasil yang maksimal dan bermanfaat untuk para peserta,” imbuhnya.
Kejuaraan pada lomba kali ini masing masing kategori diambil lima pemenang, yakni Juara I, II, III, harapan I, dan harapan II. Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp1.500.000 dan produk sponsor, Juara II mendapatkan hadiah sebesar Rp1.250.000 dan produk sponsor, Juara 3 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp1.000.000 dan produk sponsor, sedangkan juara harapan I dan II masing-masing mendapatkan hadiah produk dari sponsor.
Sementara itu pengumuman pemenang kategori SMP Juara 1 diraih oleh Yosevina Adelia dengan Judul “Rayxa”, Juara 2 diraih oleh Rizka Fadilla P dengan judul “Indonesia Woman Captain RB”, Juara 3 diraih oleh Marvel DHL dengan Judul “Guardian Garuda”, sedangkan juara harapan masing-masing diraih oleh Alexandra AR. Dengan judul “Nashiro”, dan Calista Gabriella dengan judul “Woodly The Forest Ranger”
Untuk pemenang kategori SMA Juara 1 diraih oleh Zeta Ranniry A dengan Judul “Dewi Pertiwi”, Juara 2 diraih oleh Natasya DSB. dengan judul “Salvator”, Juara 3 diraih oleh Rahma Febriandika dengan Judul “Saka Wardana Heroin”, sedangkan juara harapan masing-masing diraih oleh Aulia Rachma dengan judul “Ciborg Wanita”, dan Musyafa Ilham dengan judul “YellowFurry”
Untuk pemenang kategori Mahasiswa Juara 1 diraih oleh Alifia Nur Ainun N dengan Judul “Super SKS (Sistem Kebut Semalam”, Juara 2 diraih olehIqbal Muammar R dengan judul “Super M”, Juara 3 diraih oleh Anastasya Caroline MS. dengan Judul “Simang Huntal”, sedangkan juara harapan masing-masing diraih oleh Erika Nur Candra dengan judul “Dewi Tirta”, dan Rama Purwa Wicaksana dengan judul “Chale Tiro Katwang”. (why)