27 November 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Universitas Negeri Surabaya kembali melaksanakan Visitasi, Evaluasi Lapangan dan Klarifikasi Dokumen Usulan PTN-BH pada Jumat, 26 November 2021 di Auditorium Lantai 11 Gedung Rektorat UNESA Kampus Lidah Wetan. Visitasi ini merupakan presentasi ketiga UNESA untuk memaparkan perbaikan dokumen usulan PTN-BH.
Ani Nurdiani Azizah, S.H., M.Si menerangkan bahwa tujuan dari visitasi tersebut untuk melihat apakah kondisi di lapangan sesuai dengan data, laporan dan dokumen yang diajukan. “Ini merupakan syarat untuk memastikan bahwa UNESA benar-benar siap bertransformasi menuju PTN-BH,” ujarnya. Pada kesempatan kali ini pula, hadir dari tim reviewer PTN BH dari Kemendikbud Ristek yaitu Prof. Tjitjik Srie Tjahjandarie, Ph.D.
Acara vitasi ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Mars UNESA, lalu dilanjutkan dengan sambutan Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan M. Kes. Ia menerangkan bahwa UNESA melewati tahapan persiapan yang panjang untuk menjadi PTN-BH. Dalam persiapannya pun bukanlah suatu hal yang mudah, karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi.
Ia menyadari dalam sosialisasi kewirausahaan yang telah dilakukan UNESA, baik SDM dan SDA kualitasnya masih perlu ditingkatkan untuk mendukung program beberapa waktu mendatang. Beberapa di antaranya seperti UNESA mart, hotel, web penyedia tenaga ahli, dan masih banyak lagi. “Tentunya pembangunan dan rencana ini sebagai aset UNESA dan perlu ditopang SDM yang unggul, cekatan dan berkompeten,” paparnya.
Kendati banyak rencana di bidang lain, UNESA tetap tidak bisa lepas dari keunggulannya dalam bidang olahraga, pendidikan; bahasa; dan seni, dan disabilitas. Keunggulan dan prestasi olahraga UNESA harus terus ditingkatkan.
Pada perhelatan, PON XX Papua beberapa waktu lalu, kampus dengan tagar ‘satu langkah di depan’ itu merupakan penyumbang medali terbanyak untuk Jawa Timur, yaitu sebanyak 60 medali. Baru baru ini, UNESA juga mendapatkan gelar Kampus Sehat dari Universitas Gadjah Mada, dan masih banyak lainnya. “Ini harus kita tingkatkan, prestasi kita kemarin dan hari ini harus jadi motivasi untuk menorehkan prestasi lagi ke depannya,” tandasnya.
Usai sambutan, acara berlanjut pada kegiatan inti; evaluasi dan klarifikasi dokumen usulan PTN-BH. Kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif, selesainya kegiatan vitasi ini diharapkan revisi dokumen yang telah dilakukan dapat segera disetujui dan UNESA menjadi PTN-BH. Terakhir, kegiatan ini ditutup dengan foto bersama. (Humas UNESA)
Penulis : Angel
Editor : @Zam